IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI
Abstract
Pendidikan para manajer pendidikan dan pelatihan yang profesional telah merupakan suatukeharusan dalam dunia industri modern. Dewasa ini setiap guru atau dosen pada prinsipnya dapat
menjadi kepala sekolah, pengawas, atau rektor universitas tanpa ada pelatihan khusus. Dalam
masyarakat industri modern, seorang rektor adalah seorang manajer yang dapat mengelola program
akademik, juga mengelola dana universitas secara profesional, mengelola program pendidikan
berkelanjutan untuk masyarakat. Seorang administrator pendidikan dan pelatihan di provinsi mulai dari
Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi. Dalam keadaan tersebut, Manajemen Mutu Terpadu
dalam gerakannya mulai memasuki bidang bagian baru dalam perubahan tersebut, yaitu pendidikan
tinggi. Sebagaimana organisasi industri, pendidikan tinggi juga memiliki ”customers”, yaitu pemakai
hasil didik. Adapun ”customers” tersebut merupakan ”internal customers”, yaitu pelaku-pelaku dalam
rangkaian proses produksi, dan ”eksternal customers”, yaitu pemakai hasil akhir hasil proses produksi.
Dalam proses pendidikan tersebut selalu terjadi dialogi dan perdebatan antara ”apa yang diberikan
kepada siswa atau mahasiswa” dengan ”apa yang dikehendaki oleh ”customers”. Dalam hubungan ini
telah dikembangkan suatu teknik manajemen mutu terpadu yang disebut ”Quality Function
Deployment (QFD) guna memperoleh pengertian yang lengkap tentang apa yang dikehendaki oleh
”customers”, untuk kemudian diterjemahkan ke dalam rencana pendidikan. Manajemen mutu terpadu
dapat diterapkan di pendidikan tinggi dalam pelbagai kegiatan, yaitu: (1) Pendidikan tinggi dapat
melakasanakan penelitian dalam manajemen mutu terpadu. (2) Pendidikan tinggi dapat mengajarkan
asas-asas manajemen mutu terpadu. (3) Pendidikan tinggi dapat menerapkan manajemen mutu
terpadu untuk peningkatan mutu administrasinya. (4) Pendidikan tinggi dapat menerapkan
manajemen mutu terpadu untuk peningkatan mutu pengajaran.
Kata kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Kualitas Pendidikan