PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN “MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM” DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KEJURUAN
Abstract
Perhatian pada manajemen informasi semakin lama semakin besar. Informasi semakindisadari sebagai sumber daya organisasi yang perlu dikelola dengan baik. Peningkatan kinerja
pendidikan diperlukan sistem informasi dan teknologi informasi yang tidak hanya berfungsi sebagai
sarana pendukung, tetapi lebih sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia
pendidikan, sehingga mampu bersaing di pasar global. Sistem pendidikan Indonesia telah melakukan
perbaikan yang mendadar, misalnya melalui tiga bentuk kebijakan pemerintah. Pertama,
meningkatkan ketentuan wajib belajar dari 6 ke 9 tahun, kedua,mengarahkan pendidikan agar lebih
relevan dengan perkembangan industri dan teknilogi informasi atau memiliki keterkaitan dan
kesesuaian (link and match), ketiga, mndorong pendidikan sekolah menengah untuk lebih banyak
menyiapkan tenaga terampil, sehingga lulusannya tidak memandang perguruan tinggi sebagai satusatunya
alternatif pilihan masa depan. Khusus mengenai Pendidikan Kejuruan, menurut Undang-
Undang Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional: “Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan
yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu”. Arti pendidikan
kejuruan dijabarkan lebih spesifik dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 190 tentang
Pendidikan Menengah yaitu: “Pendidikan Menengah Kejuruan adalah pendidikan pada jenjang
pendidikan menengah yang mengutakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk
pelaksanaan jenis pendidikan tertentu”.
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Pendidikan Kejuruan