PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KEJURUAN MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH “SCHOOL BASED MANAGEMENT”
Abstract
Manajemen berbasis sekolah “school based management” merupakan salah satu upayapemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat bangsa dalam penguasaan ilmu dan teknologi,
yang ditunjukkan dengan pernyataan politik dalam Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal
tersebut diharapkan dapat dijadikan landasan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia yang
berkualitas dan berkelanjutan, baik secara makro, meso, maupun mikro. Kerangka makro erat
kaitannya dengan upaya politik yang saat ini sedang ramai dibicarakan, yaitu desentralisasi
kewenangan dari pemerintah pusat ke daerah, aspek mesonya berkaitan dengan kebijakan daerah
tingkat propinsi sampai tingkat kabupaten dan kota, sedangkan aspek mikronya melibatkan seluruh
sektor dan lembaga pendidikan yang paling bawah, tetapi terdepan dalam pelaksanaannya, yaitu
sekolah. Pada sistem manajemen berbasis sekolah, sekolah dituntut secara mandiri menggali,
mengalokasikan, menentukan prioritas, mengendalikan, dan mempertanggung-jawabkan
pemberdayaan sumber-sumber, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. Pemberian otonomi
pendidikan yang luas pada sekolah merupakan kepedulian pemerintah terhadap gejala-gejala yang
muncul di masyarakat serta upaya peningkatan mutu pendidikan secara umum. Pemberian otonomi
ini menuntut pendekatan manajemen yang lebih kondusif di sekolah agar dapat mengakomodasi
seluruh keinginan sekaligus memberdayakan berbagai komponen masyarakat secara efektif, guna
mendukung kemajuan dan sistem yang ada di sekolah. Dalam kerangka inilah, manajemen berbasis
sekolah tampil sebagai alternatif paradigma baru manajemen pendidikan yang ditawarkan.
Manajemen berbasis sekolah merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah
untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi dan pemerataan
pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama
yang erat antara sekolah, masyarakat, dan pemerintah.
Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan Kejuruan