STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN

Jemmy Johnny Rompas

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran koopearatif terhadap motivasi
belajar mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa antar kelompok
eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran koopearatif dalam proses belajar mengajar
dan kelompok kontrol yang tanpa menggunakan metode pembelajaran kooperatif (menggunakan
metode biasa). Diharapkan bermanfaat bagi kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara
optimal, Pengorganisasian materi perkuliahan menjadi semakin jelas, Menghasilkan lulusan yang
menguasai bidangnya, Mutu sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.
Pembelajaran kooperatif mengacu pada metode pembelajaran dimana mahasiswa bekerja
sama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar. “Meskipun pembelajaran kooperatif
meliputi berbagai macam tujuan sosial, pembelajaran juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja
siswa/mahasiswa dalam tugas-tugas akademik” (Ibrahim, 2000). Ini adalah hakekat sosial dalam
belajar untuk memodelkan cara berpikir yang sesuai dan saling mengemukakan untuk meluruskan
kekeliruan pengertian miskonsepsi diantara mereka (sesuai konsep peagat dan vogotsky tentang
perubahan kognitif, Mohamat Nur, 2000).
Pentingnya pendidikan Pembelajaran Kooperatif di perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan
pendapat Walgito (1982:23), pada perguruan tinggi adalah sebagai berikut :
a. Memelihara dan mengembangkan ilmu pengatahuan dan teknologi, pengabdian, ketrampilan, dan
daya berpikir mahasiswa; b. Memupuk perkembangan kepribadian mahasiswa agar mahasiswa
berjiwa penuh pengabdian, memiliki tanggung jawab dan menjadi anggota masyarakat sesuai yang
diharapkan; c. Mengembangkan mahasiswa untuk mencapai identitasnya dan tidak lepas dari
kepribadian Indonesia; d. Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa.
Bahwa metode pembelajaran lebih dominan sehingga perlu ada renovasi dan inovasi baru atau
ningkatkan proses belajar mengajar didalam kelas serta meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan
yang ada diperguruan tinggi.
Pendidikan merupakan suatu sistem, yaitu sistematisasi dari proses perolehan pengalaman sehingga
menjadi pengetahuan. Strategi pembelajaran di perguruan tinggi harus mendapatkan perhatian serius
agar lulusan yang di hasilkan mempunyai standar sesuai pasar kerja serta image perguruan tinggi
menjadi baik hal ini akan berakibat pada peminat atau pendaftar.
Kata Kunci : Kooperatif, Pembelajaran, Kualitas, Lulusan, Mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.