PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MENATA PRODUK DI SMK NEGERI 3 MANADO

E. Undap, Palit -

Abstract


Penelitian ini memberikan gambaran mengenai hasil belajar siswa dengan menggunakan
metode demonstrasi dan latihan-latihan dalam kegiatan belajar mengajar dengan indikator
keberhasilan, dilihat dari tingkat penguasan siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotor.
Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : (1) siswa memperoleh nilai besar atau sama
dengan 7 mencapai 83,33% , (2) penilaian psikomotor siswa yang mencapai 94,44% yang
mempunyai nilai sekitar 21 – 25 ini menunjukan bahwa siswa cukup terampil dan bagus dalam
pembungkusan (packaging) yang dilakukan secara sendiri dengan kreatif dari masing-masing siswa,
(3) penilaian afektif siswa yang mencapai 100% yang mempunyai nilai sekitar 16 – 25, menunjukan
bahwa siswa tersebut cukup baik selama proses belajar mengajar, 13,89% menunjukan siswa yang
baik dalam kegiatan pembelajaran ini dapat dilihat ke aktifan dalam bertanya, menjawab, menanggapi
dan melakukan peragaan pembungkusan dengan benar yaitu sebanyak 30 dari 36 siswa berhasil dari
segi kognitif tersebut. Jadi penerapan metode pembelajaran (metode demonstrasi dan latihan) dalam
pembelajaran melaksanakan packaging telah mencapai ketuntasan belajar siswa.
Kata Kunci: metode pembelajaran, packaging, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.