PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN BERBASIS PRODUKSI PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL

Authors

  • MARLINA -

Abstract

Pendidikan adalah segala usaha yang ditujukan agar manusia dapat mengembangkan
potensi diri melalui proses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan antara lain pesatnya tuntutan
masyarakat tentang mutu lulusan yang terampil, perkembangan dan perubahan peradaban dunia
yang makin mengglobal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi,
serta inovasi dalam bidang pendidikan. Upaya menyiapkan tenaga pendidikan di bidang teknologi
dan kejuruan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan memenuhi kebutuhan individu peserta
didik, merupakan hal yang mendesak untuk dilakukan pada saat ini. Pengembangan Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan dalam upaya menyiapkan tenaga pendidik dalam bidang keahlian
teknik dan kejuruan menghadapi masa yang penuh tantangan yang diakibatkan oleh tuntutan
masyarakat yang lebih tinggi dan kompleks, kehidupan yang sangat dipengaruhi oleh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta globalisasi. Pembelajaran berbasis produksi
ditekankan pada aspek keterpaduan, yang didasarkan yakni konsep kebermaknaan. Kebermaknaan
maksudnya adalah peserta didik memahami konsep yang diajarkan melalui pengalaman mengerjakan
benda langsung di bengkel atau di lapangan (pengalaman praktis). Pengembangan pembelajaran
berbasis produksi (PBP) bertujuan menggali kembali pemahaman tentang SMK itu sendiri,
karakteristik SMK Teknologi, dan pengembangan PBP di SMK Teknologi adalah salah satu yang
diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan/ kompetensi lulusan pada bidang keahlian mesin
produksi

Downloads

Published

2012-04-24

Issue

Section

Articles