PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI AIR MINUM KEMASAN YEH BULELENG (Studi Kasus di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Komang Endrawan Sumadi Putra universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v6i1.24262

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan pembelian

Abstract

Sebagai perusahaan yang memproduksi air minum kemasan Yeh Buleleng, PT Tirta Mumbul Jaya Abadi berusaha mengimplementasikan bauran pemasaran untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Namun melihat market share  air minum kemasan Yeh Buleleng yang masih kalah dengan air minum kemasan Aqua menjadikan pertanyaan besar bagi manajemen PT Tirta Mumbul Jaya Abadi sampai sejauh mana pengaruh masing-masing bauran pemasaran tersebut terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Teknik dalam penentuan anggota sampel menggunakan dua teknik secara berurutan yaitu: cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Secara simultan juga dapat diketahui bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa variabel saluran distribusi lebih berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng.

References

Fauzan, Andi. 2010. Analisis Strategi Pemasaran Air Minum Beroksigen “Airox” Pada PT Tirta Alam Semesta. e-repository, Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Faizah, Lazza, dan Indira Rachmawati. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Kasus di Wilayah Kuningan Barat Jakarta Selatan Periode Oktober 2012 – maret 2013). E-repository, Bandung. Universitas Telkom.

Foster, Bob. 2016. Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities ang Social Science, Volume 16 no 11.

Dharmmesta BS, Handoko TH, 2008, Manajemen Pemasaran (Analisis Perilaku Konsumen), Yogyakarta: BPFE.

Hand, Eddie William Jr. The Effect of Marketing Information on The Reduction of Perceived Risk in The Purchase of Innovative Products: A Multi Product Factorial Experiment. Dissertation Abstract International. A The Humanity and Social Sciences, Michigan University Microfilms International, a bell and Howell Company Volume 54, Number 9 March 1994.

Kotler P, Keller KL, 2008, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kotler P, Amstrong G, 2004, Principles of Marketing Ten Edition, New Jersey: Prentice Hall.

Mowen JC. And Minor M, 2002, Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Schiffman L and Kanuk LL, 2007, Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Suryani T, 2008, Perilaku Konsumen (Implikasi pada Strategi Pemasaran). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siringgoringo. Peran Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen.. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma Depok. 125 jurnal ekonomi & bisnis no. 3, Jilid 9, Tahun 2004

Downloads

Published

2020-04-19

Issue

Section

Articles