MEMBANGUN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Rizki Setiawan, Eti Komalasari

Abstract


Konsekuensi sosial pandemi Covid-19 dalam bidang pendidikan ialah penggunaan pembelajaran jarak jauh sebagai motode tunggal. Situasi ini menghasilkan kondisi yang kontradiktif: di satu sisi metode ini memungkinkan terselenggaranya pembelajaran di tengah physical distancing, sementara disisi lain penggunaannya yang sangat cepat dan massif mengakibatkan cultural shock yang berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Sementara itu, pembelajaran sosiologi mensyaratkan proses interaksi sosial dalam pembelajaran dan masyarakat sebagai objek kajian pembelajaran. Artikel ini menggunakan metode meta analisis, yang akan menyediakan sumber atau bukti-bukti ilmiah terkait efektivitas pembelajaran sosiologi di tengah pandemi Covid-19. Selain itu juga dapat mendorong studi baru mengenai pembelajaran sosiologi yang efektif digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Guna membangun efektivitas pembelajaran, artikel ini mendorong aplikasi dan pengembangan model pembelajaran Community of Inquiry (CoL) yang di dalamnya terdapat elemen kehadiran sosial. Dengannya peserta didik dapat memanfaatkan berbagai fitur pembelajaran dengan model tatap muka yang menghasilkan interaksi dan kehadiran sosial pembelajaran jarak jauh. Harapannya, imajinasi sosiologi sebagai kompetensi sosiologi senantiasa dapat berkembang dalam daya pikir, nalar, dan tindakan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Lina. 2011. Pengenalan Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas : 3 (2) : 180-187.

Chen, Peijie, dkk. 2020. Coronavirus Disease (COVID-19): The Need To Maintain Regular Physical Activity While Taking Precautions. J Sport Healt SCI 2020;9: 103-4.

Covid19.go.id diakses pada 31 Maret 2020 https://www.covid19.go.id/

Dipo Muhammad, Islam Samsudin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan Outdoor Study Dan Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Volume 10 nomor 2 :161-276.

Garrison, D Randy dan Arbaugh, J. B. 2007. Researching the community of Inquiry framework: Review, Issues, and Future Directions. Internet and Education. Volume 10 :157-172.

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Huang, Wanju dkk. 2018. Purdue Repository for Online Teaching and Learning. Purdue University.

Iqbal, Muhamad dkk. 2019. Pengembangan Video Blog (Vlog) Chanel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Inovasi Pembangunan Jurnal Kelitbang. Vo 7 No 1.

Januarti, Nur Endah Dkk. 2018. Inovasi Media Pembelajaran Sosiologi Melalui Video Pembelajaran Bagi Pendidik SMA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. (JPMM) Vol 2 No 1.

Kemendikbud. 19 Maret 2020. Negatif Covid-19, Mendikbud Ajak Masyarakat Lakukan Pembatasan Sosial. Diakses 2 April 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/negatif-covid19-mendikbud-ajak-masyarakat-lakukan-pembatasan-sosial.

___________. 23 Maret 2020. Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Diakses 2 April 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah.

___________. 27 Maret 2020. UN 2020 Dibatalkan, Ini Syarat Kelulusan Siswa. Diakses 2 April 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/un-2020-dibatalkan-ini-syarat-kelulusan-siswa.

Kemenkes. 29 Januari 2020. TENTANG NOVEL CORONAVIRUS (NCOV). Diakses 02 April 2020 dari https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19/TENTANG NOVEL CORONAVIRUS.pdf

KPAI. 18 Maret 2020. Lawan Covid -19 Dengan Jarak Sosial. Diakses 2 April 2020 dari https://www.kpai.go.id/berita/lawan-covid-19-dengan-jarak-sosial .

Kuswantoro, Agung. 2020. Guru Menyambut Era Disrupsi. Unnes.ac.id. diakses pada 4 april 2020. https://unnes.ac.id/gagasan/guru-menyambut-era-disruption

Nismawati. 2015. Pengaruh Syarat Interaksi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Siswa di SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi. Volume 2 nomor 2:86-90.

Plummer, K. 2011. Sosiologi: The basic, (terjemahan Nanang Martono dan Sisworo). Jakarta. Rajawali pers.

Pratiwi, Poerwanti Hadi dan Hidayah Nur. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sosiologi dengan pendekatan Imajinasi Sosiologi. Jurnal Kependidikan. Volume 46 nomorr 1 hal 56-68.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2012. Teori Sosiologi : Dari Teori Sosiologi Klasik sampai perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul. Kreasi Wacana.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Sanjaya, Wina. 2017. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Sardiman, A, M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali

Setiawan, Rizki. 2017. Pembangunan Nilai Demokrasi dan Nasionalisme sebagai Kurikulum Tersembunyi di SMAN CMBBS. Jurnal Hermeneutika. Volume 3 nomor 1:10-20.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta Rieneka Cipta.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Rajawali Pers.

Supardan, Dadang. 2013. Pengantar Ilmu Sosial : Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta. Bumi Aksara.

Suprihatiningsih, Ari dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Sosiologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa-Siswa SMA N 1 Mranggen. Journal of Educational Social Studies. Volume 5 nomor 1:11-23

Tantri, Niki Raga. 2018. Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Volume 19 Nomor 1:19-30.

Tesniyadi, Dema. 2018. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta. Samudera Biru.

Tirtarahardja, Umar Dan Sulo. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rieneka Cipta

UNESCO. 2020. School closures caused by Coronavirus (Covid-19). https://en.unesco.org/covid19/educationresponse. diakses 11 Mei 2020.

Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

World Health Organization. 30 Januari 2020. Statement on the second meeting of the International Health Regulations (2005) Emergency Committee regarding the outbreak of novel coronavirus (2019-nCoV). https://www.who.int/news-room/detail/30-01-2020-statement-on-the-second-meeting-of-the-international-health-regulations-(2005)-emergency-committee-regarding-the-outbreak-of-novel-coronavirus-(2019-ncov)

. diakses 11 Mei 2020.

_________________. 11 Maret 2020. Virtual press conference on COVID-19 – 11 March 2020. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/transcripts/who-audio-emergencies-coronavirus-press-conference-full-and-final-11mar2020.pdf?sfvrsn=cb432bb3_2 diakses 11 Mei 2020.

_________________. 2020. Coronavirus disease 2019. diakses pada 02 April 2020 https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-201


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Edusocius: Jurnal Ilmiah Penilitian Pendidikan dan Sosiologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edusocius: Jurnal Ilmiah Penilitian Pendidikan dan Sosiologi indexed by:

Crossref




Creative Commons License

Edusocius: Jurnal Ilmiah Penilitian Pendidikan dan Sosiologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.