PENGADAPTASIAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT NELAYAN

Authors

  • I Putu Gede Sriada Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Hukumd dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Ferry Kurniawan Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Hukumd dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Fani Haryadi Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Hukumd dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahwa masyarakat nelayan di Desa Sangsit memiliki ketergantungan di dalam pemenuhan teknologi yang berguna untuk melaut. Berdasarkan hasil temuan di lapangan diperkuat dengan bahwa teknologi memegang peranan yang sangat besar di dalam produktivitas penangkapan ikan dan efisiensi waktu serta tenaga. Dengan digunakannya teknologi dalam aktivitas kemaritiman, khususnya dalam aktivitas penangkapan ikan, akan meminimalisir kegagalan dalam penangkapan. Namun tidak semua nelayan memiliki perangkat modern yang memadai untuk menangkap ikan. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa nelayan tradisonal pada akhirnya melakukan fusi teknologi antara perangkat modern dan tradisional agar tetap bisa melaut.

References

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern (Edisi Ketujuh). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

K. Sanderson, Stephen. 2011. Makrososiologi (Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosiologi): Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial (Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial): Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Susilo, Rachmad K. Dwi. 2012. Sosiologi Lingkungan. Jakarta: Rajawali.

Situmorang, Dennis Humbilli. 2010. Pengaruh Peralatan Penangkap Ikan yang Digunakan Terhadap Pendapatan Kepala Keluarga Nelayan di Kelurahan Kangkung, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung Tahun 2009. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Ricky Andrianto Sutrisno dan Triwilaswandio Wuruk Pribadi. 2012. Produksi Kapal Ikan Tradisional dengan Kulit Lambung dan Gelagak Kayu Laminasi serta Konstruksi Gading dan Gelagak Alumunium. Jurnal Teknik Pomits. Institut Teknologi Sepuluh November, Volume 1, Nomor 1, 2012, Halaman 1 - 6.

Muchtar Ahmad dan Nofrizal. 2009. Tentang Pelapukan Kapal Kayu. Jurnal Kelautan dan Perikanan. Universitas Riau, Volume 14, Nomor 2, Agustus 2009, Halaman 135 – 146.

Downloads

Published

2020-05-28