PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN WISATA DI DESA LIANG NDARA KABUPATEN MANGGARAI BARAT DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Authors

  • Maria Yustika Mijang Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Made Pageh Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Margi

Keywords:

Desa Wisata, Peran Pemerintah, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Peran pemerintah dalam pengembangan wisata di Desa Liang Ndara. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peran pemerintah. (3) Aspek-aspek wisata yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini ialah (1) peran pemerintah dalam pengembangan wisata terdiri dari tujuh komponen utama yaitu sektor pemasaran, sektor perhubungan, sektor akomodasi, sektor atraksi/daya tarik wisata, sektor tour oprator, sektor pendukung/rupa-rupa dan sektor pengkoordinasi/regulator. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran pemerintah dalam pengembangan Desa Liang Ndara adalah faktor potensi wisata, ekonomi dan faktor sumber daya manusia. (3) memberikan sumber belajar di luar buku teks. Desa Liang Ndara berbasis budaya ini dapat mengajak peserta didik belajar tidak dari buku saja melainkan bisa memanfaatkan tempat wisata.

References

Fitri Abdillah. 2022. Inventarisasi Peluang Pengembangan Atraksi Budaya Komodo dan Manggarai di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, Volume 13 Nomor 1

Bertomi, C., Karini, N. M. O., & Sudana, I. P. 2015. Pengemasan Paket Ekowisata Di Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat., Flores, Nusa Tenggara Timur. Industri Perjalanan Wisata, II(2), 1–15.

Fadjarajani, Siti. 2021. Analisis Potensi Pariwisata Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi dan Pengajarannya, Volume XIX Nomor 1

Mba, D. A. 2020. Ekowisata Sebagai Bentuk Adaptasi Masyarakat Liang Ndara Pada Pariwisata. Jurnal Antropologi: Isu-isu Sosial Budaya, 198-207.

Miles, M. B. dan A. M. H. 1992. Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru/ Matthew B. Miles, A. Michael Huberman; penerjemah,Tjetjep Rohendi; pendamping, Mulyarto. Penerbitan Universitas Indonesia (UI+ PRESS).

Profil Desa Liang Ndara. 2014. Saatnya Pariwisata Jadi Leading Sektor pembangunan Nusa Tenggara Timur. Formada. 2012.

Rosmiati, T. H. 2018. Strategi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah Melalui Pengembangan Potensi pariwisata Manggarai Barat. Civis Hukum , N 2623-0216 .

S, S. 2019. Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar). Jurnal Kependidikan, 13(02), 194–205.

Science, E. 2006. Pemanfaatan Objek Wisata Sebagai Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan, 119–121.

Downloads

Published

2023-02-23