PEMANFAATAN LAGU RELIGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MA AT TAUFIQ SINGARAJA

Authors

  • Adytia Sri Setyaningsih
  • Luh Putu Sendratari Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Margi Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Keywords:

media pembelajaran lagu, interaksi sosial, nilai lagu religi

Abstract

Proses pembelajaran tentunya membutuhkan media yang cocok dan menyenangkan untuk diterapkan di kelas. Banyak media pembelajaran yang menyenangkan salah satunya adalah media lagu religi yang memiliki banyak makna sosial didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui media pembelajaran yang digunakan di sekolah MA At Taufiq dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XI, (2) Mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam lagu religi yang berkaitan dengan fenomena sosiologi, dan (3) Mengetahui pengintegrasian lagu religi yang diajarkan terhadap pembelajaran sosiologi di MA At Taufiq Singaraja kelas XI dalam bentuk media Power Point (PPT) dengan menggunakan Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Media pembelajaran sosiologi yang digunakan di kelas XI MA At Taufiq Singaraja adalah buku sumber atau buku paket dan film, (2) Nilai-nilai sosiologi yang terkandung dalam lagu religi meliputi kontrol sosial, interaksi sosial, sosialisasi, (3) Lirik lagu religi dapat ditampilkan pada power point (PPT) untuk dianalisis maknanya dalam sudut pandang sosiologi.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitiam Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Bisri, Cik Hasan dan Eva Rufaidah. 2002. Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial Himpunan Rencana Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Darmaputera, Eka. 1987. Pancasila: Identitas dan Modernitas Tinjauan Etis dan Budaya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Nusantara.

Heslin, James M. 2006. Sosiologi dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mayer, Richard E. 2009. Multi Media Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sadirman, Arif S. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shalaby, Ahmad. 2001. Kehidupan Sosial dalam Pemikiran Islam. Jakarta: Penerbit Amzah.

Suciati, dkk. 2014. Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Sutopo.H.B. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Hayati, Rina. 2020. Pengertian Snowball Sampling, Teknik Pengambilan, dan Contohnya. (https://penelitianilmiah.com/snowball-sampling/). Diakses pada tanggal 30 Desember 2020.

Lihin. 2012. Sumber Data dalam Penelitian. (https://www.referensimakalah.com/2012/09/sumber-data-dalam- penelitian.html). Diakses pada tanggal 20 Januari 2020.

Laila, Rofiqoh. 2015. Piaget dan Teori Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif (https://www.kompasiana.com/rofiqohlaila8/5539f9b96ea8348709da42ce/pi aget-dan-teori-tahaptahap-perkembangan-kognitif). Diakses pada tanggal 21 Juli 2020.

Mahfudhoh, Alifia. 2017. Peran, Fungsi dan Penerapan Pengetahuan Sosiologi. (http://blog.unnes.ac.id/alifiamahfudhoh/2017/09/25/peran-fungsi-dan- penerapan pengetahuan-sosiologi/). Diakses pada tanggal 12 Agustus 2020.

Fachreza, Adam Ilham. 2020. Makna Hidup Dalam Lirik Religi (Representasi Kehidupan Duniawi Dalam Lirik Lagu Religi Cari Berkah Dan Dunia Sementara Akhirat Selamanya). Dalam skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Husain, Nurjannah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang. Dalam skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Handayani, Ratih Kanthi. 2011. Pengaruh Media Pembelajaran Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Ditinjau dari Pemahaman Bahasa Figuratif (Eksperimen pada Siswa Kelaa 10 SMA N 1 Gemolong, Sragen Tahun 2010/2011). Dalam skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Jumaryatun., Slamet Mulyono., dan Atikah Anindyarini. 2014. Penggunaan Media Lagu Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menulis Cerpen. Dalam jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Universitas Sebelas Maret.

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Dalam paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan.

Khusnah, Siti Fadhilatul. 2015. Pengaruh Mendengarkan Musik Religi Terhadap Keyakinan Diri. Dalam skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kirana, Dita Zahra. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Lagu Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Purworejo. Dalam skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukhlisoh, Lilis. 2013. Pemanfaatan Lagu Religi dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa di SDN 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Dalam skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muslim, Asrul. 2013. Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Dalam jurnal Diskursus Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Morjani., Ismunandar., dan Diecky Kurniawan Indrapraja. Penggunaan Media Musik Sebagai Aspek Pendukung dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP. Dalam jurnal pendidikan FKIP UNTAN Pontianak.

Priyanto, Bagus., dan Sungkowo Edy Mulyono. 2017. Interaksi Sosial Anak Jalanan dengan Teman Sebaya di Yayasan Setara Kota Semarang. Dalam jurnal Universitas Negeri Semarang. Vol.2 No 2 Halaman 116-213.

Roffiq, Ainoer., Ikhwanul Qiram., dan Gatut Rubiono. 2017. Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. Dalam jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Page 35-40.

Rohman, M Saifur. 2015. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VII di MTs SA PP Roudlotut Tholibin Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam skripsi Universitas Islam Nahdlotul Ulama’ (UNISNU) Jepara.

Setiadi, Adi. 2017. Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu-Lagu Religi Grup Band GIGI “Album Mohon Ampun”. Dalam skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Triana, Vivit. 2017. Keefektifan Media Lagu Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tembok Luwung 01 Adiwerna Kabupaten Tegal. Dalam skripsi Universitas Negeri Semarang.

Utami, Sumber Tri. 2014. Penggunaan Media Lagu (Nyanyian) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2013/2014. Dalam skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Xiao, Angeline. 2018. Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Dalam jurnal Komunikasi, Media dan Informatika Vol.7 no.2 Universitas Pelita Harapan

Downloads

Published

2023-02-23