PEMETAAN UNIT LAHAN UNTUK KESESUAIAN TANAMAN KAKAO DI DESA UNGGAHAN KECAMATAN SERIRIT

Authors

  • Dewa Made Atmaja

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemetaan Unit Lahan Untuk  Kesesuaian Tanaman Kakao di Desa Unggahan Kecamatan Seririt”. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pemetaan unit lahan di Desa Unggahan Kecamatan Seririt. (2) Untuk menilai kesesuaian tanaman kakao di Desa Unggahan Kecamatan Seririt. Obyek dalam penelitian ini adalah kesesuaian lahan untuk tanaman kakao  di Desa Unggahan Kecamatan Seririt. Subyek penelitiannya adalah unit-unit lahan  yang ditanami tanaman kakao di Desa Unggahan Kecamatan Seririt. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik interpretasi citra satelit, observasi, dan pencatatan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tehnik interpretasi dan pengamatan lapangan serta menggunakan sistem kunci penilaian kesesuaian lahan pada kategori tingkat kelas dan sub kelas tanaman kakao. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pemetaan unit lahan diperoleh dari hasil interpretasi citra satelit, analisis peta dan uji medan sehinggga dapat dipetakan unit lahan dan diperoleh 15 unit lahan pada daerah penelitian, dan yang diteliti hanya 7 unit lahan yang ditanami kakao. (2) Lahan yang sesuai untuk tanaman kakao seluas 907 Ha atau 59,20% dan lahan yang tidak sesuai seluas 625 Ha atau 40,80%. Kelas kesesuaian untuk lahan yang sesuai termasuk S3 yaitu hampir sesuai dengan sub kelas S3ns tersebar pada satuan pemetaan 3, 5. 7, dan 9 serta sub kelas S3rns tersebar pada satuan pemetaan 15. Lahan yang tidak sesuai termasuk kelas N1 dengan sub kelas N1s tersebar pada satuan pemetaan 10 dan 12

References

Atmaja Dewa Made. 2010. Kajian Lahan Kering Untuk Pengembangan Pariwisata di Areal Gunung Beratan Purba Dataran Tinggi Bedugul. Laporan Penelitian. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

BPS. 2010. Kecamatan Seririt dalam Angka.Buleleng:Badan Pusat Statistik

Ejasta, Giri, dan Durma. 1993. Kemampuan dan Penggunaan Lahan Kering Melalui Pendekatan Unit Lahan di Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Laporan Penelitian. Denpasar: Universitas Udayana.

Idjuadin dan Marwonto.2008.Reformasi Pengelolaan Lahan Kering untuk Mendukung Swasembada Pangan. Jurnal Bogor:Balai Penelitian Tanah. Sumberdaya lahan, Volume. 2 No. 2.

Muhsanati. 2008. Optimalisasi Penggunaan Lahan Perkebunan Kakao Bukaan Baru Dengan Tanaman Sela (Padi Gogo). Padang: Universitas Andalas.

Notohadiprawiro, Tejoyuwono. 1989. Dampak Pembangunan Pada Tanah, Lahan dan Tata Guna Lahan. Yogyakarta: UGM.

Downloads

Published

2020-03-30