PEMETAAN POLA SEBARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KECAMATAN NUSA PENIDA

Authors

  • Wayan Preana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) bagaimana cara menentukan sebaran sekolah dasar di Kecamatan Nusa Penida, 2) menentukan pola sebaran Sekolah Dasar di Kecamatan Nusa Penida. Metode yang digunakan yaitu metode deskritif kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana cara menentukan sebaran dan pola sebaran Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Nusa Penida. Metode analisis yang digunakan yaitu untuk menentukan sebaran menggunakan metode ploting titik koordinat sehingga sebaran dapat di tentukan, sedangkan untuk menentukan pola sebaran Sekolah Dasar menggunakan metode analisis tetangga terdekat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa peta sebaran sekolah dasar dan pola sebaran sekolah dasar. Pola sebaran Sekolah Dasar dilihat secara perdesa menunjukkan pola sebaran seragam terjadi di Desa Sakti

References

BPS. 2017. Kecamatan Nusa Penida Dalam Angka. Klungkung.

Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung. 2017. Data Sekolah Dasar di Kecamatan Nusa Penida.

Fazal, S. GIS Basic. 2008. New Age International Publisher. New Delhi.

GIS Konsorium Aceh-Nias. 2007. Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Dasar. BRR NAD- NIAS. Aceh.

Prahasta, Eddy. 2014. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika.

Rahayuni,I Gusti Ayu Adi. 2013. “Pola Penyebaran Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Singaraja”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_______ Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Peneyelenggaraan Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-03-30