PEMANFAATAN FOTOGRAMETRI UNTUK MODEL 3 DIMENSI DENGAN VISUALISASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)

Authors

  • M Mujahid Aditya Fidera Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Ihsan Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Kemajuan teknologi akan terus berkembang dan berkembang selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan memiliki inovasi yang berdampak positif bagi kehidupan manusia. Salah satu aspek yang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah media dalam menyampaikan informasi. Media tentu saja berkaitan dengan penggunaan alat yang memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan suatu objek/keadaan tertentu. Sebelum melakukan pemvisualisasian terhadap suatu objek/keadaan untuk menampilkan informasi peran kamera atau wahana digunakan untuk menangkap objek/keadaan pada permukaan bumi sangat dibutuhkan. Fotogrametri merupakan salah satu kegiatan yang cocok sebelum melakukan pemvisualisasian. Sesuai dengan pengertian fotogrametri yang merupakan seni, ilmu dan teknologi dalam memperoleh informasi yang terpercaya mengenai objek-objek dan lingkungan fisis melalui proses perekaman. Produk dari fotogrametri merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media dalam penyampaian informasi. Metode yang digunakan untuk memanfaatkan produk dari fotogrametri yaitu dengan mengkombinasikan data melalui pengolahan beberapa perangkat lunak (software). Pada penelitian ini, kombinasi antara Augmented Reality (AR) dengan produk fotogrametri digital 3 Dimensi merupakan sarana bagi teknologi interaksi antara manusia dengan komputer. Karena produk dari fotogrametri yang berbentuk 3 Dimensi sudah sesuai dengan keadaan objek sebenarnya yang ada pada permukaan bumi dan Augmented Reality (AR) memberikan informasi secara interaktif kepada pengguna terutama dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan. Proses penyampaian informasi yang menggunakan teknologi sebagai medianya akan sangat memudahkan untuk penngguna dalam proses kegiatan yang berkaitan dengan informasi.
Kata kunci: Fotogrametri, Augmented Reality (AR).

References

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN BERBASIS ANDROID. 1, 10.

Ananda, T. A., Safriadi, N., & Sukamto, A. S. (2015). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet Di Tata Surya. 1(1), 6.

Ardhianto, E. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. 17, 11.

Arias, P., Carlos Caamaño, J., Lorenzo, H., & Armesto, J. (2007). 3D Modeling and Section Properties of Ancient Irregular Timber Structures by Means of Digital Photogrammetry. Computer-Aided Civil and Infrastructure Engineering, 22(8), 597–611. https://doi.org/10.1111/j.1467-8667.2007.00512.x

Caroti, G., Piemonte, A., & Nespoli, R. (2017). UAV-Borne photogrammetry: A low cost 3D surveying methodology for cartographic update. MATEC Web of Conferences, 120, 09005. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712009005

Fraser, C. S., & Hanley, H. B. (2004). DEVELOPMENTS IN CLOSE-RANGE PHOTOGRAMMETRY FOR 3D MODELLING: THE iWitness EXAMPLE. 4.

Gruen, A., Zhang, Z., & Eisenbeiss, H. (2012). UAV PHOTOGRAMMETRY IN REMOTE AREAS – 3D MODELING OF DRAPHAM DZONG BHUTAN. ISPRS - International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, XXXIX-B1, 375–379. https://doi.org/10.5194/isprsarchives-XXXIX-B1-375-2012

Hadi, R. H., Abed, F. M., & Mustafa, M. T. (2019). Virtual Reality Urban Modeling from Hybrid Image-based Sensors. Scholars Journal of Engineering and Technology, 10. https://doi.org/10.21276/sjet.2019.7.5.4

Husna, S. N., Subiyanto, S., & Hani’ah. (2016). PENGGUNAAN PARAMETER ORIENTASI EKSTERNAL (EO) UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL TRIANGULASI FOTOGRAMETRI UNTUK KEPERLUAN ORTOFOTO. 5, 10.

Ihsan, M., & Sugandi, D. (2018). PEMANFAATAN PRODUK FOTOGRAMETRI DIGITAL UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN. 10.

Jamun, Y. M. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. 10, 5.

Martono, K. T. (2011). Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. 5.

Nex, F., & Remondino, F. (2014). UAV for 3D mapping applications: A review. Applied Geomatics, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.1007/s12518-013-0120-x

Nurcahyo, D. E., Hantono, B. S., & Selo. (2015). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM DUNIA PENDIDIKAN UNTUK MEMPELAJARI ANATOMI TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID. 6.

Prastyo, D., & Subiyanto, S. (2012). Aplikasi Fotogrametri Jarak Dekat untuk Pemodelan 3D Candi Gedong Songo. 1.

Pratomo, D. G., Mulyono, Y. E. R., & Yuwono. (2018). REKONSTRUKSI MODEL 3D CANDI JAWI DENGAN METODE STRUCTURE FROM MOTION (SFM) FOTO UDARA. 7.

Purwanto, T. H. (2017). Pemanfaatan Foto Udara Format Kecil untuk Ekstraksi Digital Elevation Model dengan Metode Stereoplotting. Majalah Geografi Indonesia, 31(1), 73. https://doi.org/10.22146/mgi.24246

Putra, A. R. (2016). PEMODELAN 3D DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURE FROM MOTION DAN TERRESTRIAL LASER SCANNING. 102.

Rachma, Y. S., Prasetyo, Y., & Yuwono, B. D. (2018). ANALISIS AKURASI KETELITIAN VERTIKAL MENGGUNAKAN FOTO UDARA HASIL PEMOTRETAN PESAWAT TANPA AWAK UNTUK PEMBENTUKAN DIGITAL TERRAIN MODEL (DTM). 7, 10.

Raharjana, D. T. (2012). MEMBANGUN PARIWISATA BERSAMA RAKYAT: KAJIAN PARTISIPASI LOKAL DALAM MEMBANGUN DESA WISATA DI DIENG PLATEAU. 2(3), 13.

Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2). https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404

Saragih, B. F., Prasetyo, D. Y., & Sasmito, B. (2015). IDENTIFIKASI MANIFESTASI PANAS BUMI DENGAN MEMANFAATKAN KANAL THERMAL PADA CITRA LANDSAT (STUDI KASUS : KAWASAN DIENG). 4, 9.

Seker, Z. D., & TOZ, G. (2006). TARIHI KÖPRÜLERIN DIGITAL FOTOGRAMETRI TEKNIGI YARDIMIYLA MODELLENMESI.

Sihite, B., Samopa, F., & Sani, N. A. (2013). Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality. 2(2), 4.

Smith, M. W., Carrivick, J. R., & D.J, Q. (2016). Structure from motion photogrammetry in physical geography. The Author(s), Vol. 40(2), 247–275. https://doi.org/10.1177/0309133315615805

Sondang, V. A. (2017). PEMBUATAN MODEL ORTOFOTO HASIL PERKAMAN DENGAN WAHANA UAV MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK FOTOGRAMETRI. 6(02), 5.

Suryani, N. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS IT. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Suwardhi, D., Menna, F., Remondino, F., Hanke, K., & Akmalia, R. (2015). Digital 3D Borobudur – Integration of 3D surveying and modeling techniques. ISPRS - International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, XL-5/W7, 417–423. https://doi.org/10.5194/isprsarchives-XL-5-W7-417-2015

Syauqani, A., Subiyanto, S., & Suprayogi, A. (2017). PENGARUH VARIASI TINGGI TERBANG MENGGUNAKAN WAHANA UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) QUADCOPTER DJI PHANTOM 3 PRO PADA PEMBUATAN PETA ORTHOFOTO (STUDI KASUS KAMPUS UNIVERSITAS DIPONEGORO). 6, 9.

Yohan, A., Gunadi, K., & Liliana. (2012). APLIKASI DETEKSI GERAK DALAM AUGMENTED REALITY (Research Report 126/Pen/Informatika/I/2012; p. 65). Universitas Kristen Petra.

https://en.climate-data.org/asia/indonesia/dieng/dieng-623617/

https://www.dji.com/

https://support.pix4d.com/hc/en-us/articles/115002496226-iOS-Circular-Mission-Settings

https://www.seilergeo.com/aerial-mapping_uav_drones/

https://www.idntimes.com/

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Fidera, M. M. A., & Ihsan, M. (2020). PEMANFAATAN FOTOGRAMETRI UNTUK MODEL 3 DIMENSI DENGAN VISUALISASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR). Jurnal ENMAP, 1(2), 67–80. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ENMAP/article/view/28170