PEMETAAN KEKRITISAN LAHAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI PROVINSI BALI

Authors

  • Made Kartika Sila Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Treman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Lahan menjadi salah satu sumber daya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan ditanami berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, biasanya dijadikan untuk perkebunan dan pertanian. Untuk dapat mempertahankan produktivitas lahan yang baik dan kelestariannya, harus memperhatikan penggunaan bahan kimia dan alih fungsi lahan. Dewasa ini pertumbuhan penduduk yang terus meningkat menyebabkan terjadinya perubahan penggunaan lahan secara drastis. Perubahan penggunaan lahan ini disebabkan oleh tingkat kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan sandang pangan dan papan. kekritisan yang diakibatkan oleh bencana alam atau dirusak oleh perilaku manusia yang salah dalam menggunakan lahan. Lahan kritis adalah lahan yang telah mengalami kerusakan dan bahkan kehilangan fungsi hidrologis dan fungsi ekonomi. Bisa disebut tanah tersebut tidak lagi mampu mengatur persediaan air serta tidak mampu berproduksi dengan baik. Begitu juga di Kecamatan Bangli yang wilayahnya masih berdekatan dengan Pegunungan, maka terdapat wilayah dengan kemiringan lereng agak curam.  Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kekritisan lahan dan  persebaran kekritisan lahan di Kecamatan Bangli. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu skoring atau pembobotan dan teknik overlay. Hasil penelitian ini berupa persebaran kekritisan lahan di Kecamatan Bangli

References

Banglikab.co.id (diakses tanggal 11 Januari 2021). https://bebalang.banglikab.go.id/index.php/profil/86/Profil.html

Bappeda Provinsi Bali. 2008. Pemetaan dan Identifikasi Lahan Kritis di Provinsi Bali. Denpasar.

Bunutin, Bangli, Bangli - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (diakses tanggal 3 Januari 2021).

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bangli

Edriani, Annisa Fitriani. 2014. Analisi Tingkat Erosi Dan Kritisan Lahan Menggunakan Sistem Informasi Geografis Di Sub Das Hilir Das Air Bengkulu. Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Huzaini, Aidy. Sri Rahayu 2013. Tingkat Kekritisan Lahan di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Universitas Diponegoro.

Irama, Roma. Djafar Mey. Jufri Karim. Noor Husna Khairisa. 2020. Pemetaan Tingkat Kekritisan Lahan Dengan Pemanfatan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Kecamatan Pondidaha.

Indrihastuti, Dinik. Kukuh Murtilaksono. Boedi Tjahjono. 2016. Analisi Lahan Kritis Dan Arahan Rehabilitasi Lahan Dalam Pengembangan Wilayah Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Kecamatan Bangli dalam angka, 2019

Kusrini, Suharyadi dan Su Rito Hardoyo. 2011. Perubahan Penggunaan Lahan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Fakultas Geografi UGM dan Ikatan Geograf Indonesia.

Peraturan Direktur Jenderal Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Data Spasial Lahan Kritis. Nomor : P. 4/V-SET/2013. Tentang : 26 Juli 2013. Petunjuk Teknis Penyusunan Data Spasial Lahan Kritis. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

Suriani, Djafar Mey, Fitra Saleh.. 2019. Pemetaan Lahan Kritis dengan Metode Multi Criteria Evaluation di Sub DAS Amohalo. Sulawesi Tenggara

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Dewi, M. K. S., Treman, I. W., & Budiarta, I. G. (2021). PEMETAAN KEKRITISAN LAHAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI PROVINSI BALI. Jurnal ENMAP, 2(2), 37–43. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ENMAP/article/view/39845