PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SD DI KEBENDESAAN MENGESTA

Authors

  • I Made Mariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Rapi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11904

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dalam menyusun dan mengimplementasikan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan P2M ini melibatkan 32 orang guru SD dan Kepala sekolah di Kebendesaan Mengesta dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Dari 32 orang guru yang ikut pelatihan, dipilih 6 orang yang didampingi dalam mengimplementasikan PTK di sekolah masing-masing. Pelaksanaan kegiatannya, sebagai berikut: (1) Melaksanakan pelatihan tentang penyusunan proposal PTK selama satu hari. (2) Membimbing guru dalam mengimplementasikan PTK dalam kegiatan pembelajaran selama dua bulan. (3) Melakukan penilaian terhadap kemampuan guru dalam menyusun proposal PTK dan mengimplementasikan PTK dalam kelas. Hasil yang diperoleh dari seluruh kegiatan P2M ini adalah rata-rata kemampuan mengajar guru dalam mengimplementasikan PTK, berkualitas “ sangat baik”. RPP yang disusun guru, berkualitas “baik”. Rata-rata respon siswa “sangat baik” terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru.

Downloads

Published

2017-02-13

How to Cite

Mariawan, I. M., Rapi, N. K., & Yasa, P. (2017). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SD DI KEBENDESAAN MENGESTA. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11904

Issue

Section

Articles