PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU-GURU SD GUGUS 6 KECAMATAN BATURITI

Authors

  • I Gusti Putu Suharta
  • I Gst Putu Sudiarta
  • I Wayan Puja Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12842

Abstract

Sekolah Dasar No. 1, No. 2, No.3, dan No. 4 Candikuning Kecamatan Baturiti merupakan sekolah-sekolah yang berada di bawah Gugus 6.  Permasalahan guru-guru di Gugus 6 yang perlu memperoleh perhatian dan penanganan adalah berkaitan dengan guru kelas I – III, yaitu : (1) membuat rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang menekankan pada pengertian, dan (2) mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa . Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para guru SD kelas I – III Gugus 6 Kecamatan Baturiti, ditawarkan pemecahan melalui penyelenggaraan pelatihan dan pedampingan. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan adalah: (1) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika realistic, dan (2) pengembangan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa : (1) secara umum guru telah membuat rencana (lintasan pembelajaran) cukup  dalam arti ada relevansi dan konsistensi masing-masing komponen dari lindasan pembelajaran, tetapi uraian aktivitas dan dugaan respon siswa belum maksimal, (2) pengembangan media pembelajaran, media yang dikembangkan dirasakan sangat bermanfaat., (3) pembelajaran matematika realistik merupakan sesuatu yang baru, sehingga guru merasakan mendapatkan pengetahuan baru untuk mengajarkan matematika di SD, dan (4) guru merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan merasa senang untuk mengikuti pelatihan. Semua peserta menyarankan pelatihan semacam ini agar sering diadakan.

Downloads

Published

2017-12-14

How to Cite

Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P., Astawa, I. W. P., & Sariyasa, S. (2017). PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU-GURU SD GUGUS 6 KECAMATAN BATURITI. International Journal of Community Service Learning, 1(3), 139–143. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12842