UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN HASIL TANGKAP DENGAN MENGUBAH NELAYAN BURUH MENJADI NELAYAN PEMILIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.12947

Abstract

Membangun dari daerah merupakan program utama dari pemerintahan Presiden Joko Widodo, maka program Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dengan meningkatkan produktivitas dan perekonomian nelayan tangkap di Dusun Duroa, Kota Tual, Provinsi Maluku dengan mengonversi status mereka dari nelayan tangkap buruh menjadi nelayan pemilik dan memberikan modal, pelatihan, penyuluhan serta pendampingan. Program ini penting sebagai inisiasi untuk meningkatkan perekonomian nelayan tangkap Dusun Duroa yang sebagian besar nelayan tangkap yang berada di wilayah ini merupakan nelayan buruh. Hasil dari program ini sudah terlihat dampaknya dimana keuntungan nelayan tangkap meningkat sangat signifikan karena hasil yang didapatkan seluruhnya masuk ke nelayan tangkap dan produktivitasnya juga meningkat dengan teknik tangkap yang sesuai dengan perairan di sekitar wilayah desa Durua.

Author Biography

Wellem Anselmus Teniwut, Politeknik Perikanan Negeri Tual

Researcher Fisheries Agribusiness Study Program

References

Alfian, Martoyo dan E.I Listiani, 2041, Implementasi Program Bantuan Perikanan Tangkap Di Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas, Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN-2014.

Husodo, S.Y., 2004, Pertanian Mandiri, Jakarta : Penerbar Swadaya.

Kotler. P dan K.L Keller, 2006, Manajemen Pemasaran Jilid 1, Terjemahan, Indeks ; Jakarta.

Downloads

Published

2018-02-28

How to Cite

Ngamel, Y. A., & Teniwut, W. A. (2018). UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN HASIL TANGKAP DENGAN MENGUBAH NELAYAN BURUH MENJADI NELAYAN PEMILIK. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.12947