Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo - Wonogiri

Authors

  • Syifaul Fuada Universitas Pendidikan Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577

Keywords:

The Covid-19 Pandemic, Online Learning, Read Aloud Video, YouTube

Abstract

Saat pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19, guru harus mampu membuat media pembelajaran yang tepat agar siswa tetap mampu memiliki kompetensi ini dengan pendampingan orang tua siswa dirumah. Namun, berdasarkan observasi, guru di TK Aisyiyah, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah menerapkan mekanisme pembelajaran yang masih monoton untuk semua materi, termasuk kompetensi penguasaan membaca siswa, yaitu sebatas penugasan di WhatsApp group dan tidak ada kegiatan home visit karena keadaan yang tidak mendukung. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu guru untuk menyediakan sebuah media pembelajaran khusus untuk topik membaca melalui read aloud video yang diunggah Youtube. Dalam video, pelaksana meceritakan isi buku bergenre Fabel. Pembelajaran dilakukan oleh pelaksana sendiri dengan ijin guru kelas di WhatsApp group. Tautan video dibagikan kepada 10 orang tua siswa di WhatsApp Group kemudian siswa yang didampingi orang tuanya menyimak Read Aloud video. Siswa yang berhasil mengirimkan video tentang menceritakan kembali isi cerita di WhatsApp group, diberikan Reward berupa poster card. Hasil menunjukkan bahwa siswa menyukai video read aloud, membantu mengingkatkan konsentrasi dan pemahaman terhadap isi buku (dalam hal ini adalah cerita dalam read aloud video), kepercayaan diri, cara berkomunikasi lisan, dan mendorong motivasi siswa dalam belajar daring. Dengan read aloud video yang telah dibuat oleh pelaksana, guru dapat terbantu dalam menyiapkan media pembelajaran yang tepat sesuai topik atau kompetensi dasar. Lebih lanjut, pembelajaran daring di TK Aisyiyah dapat lebih bervariasi.

Author Biographies

Syifaul Fuada, Universitas Pendidikan Indonesia

Profile: Scopus ID | Google Scholar | ORCID ID | ACADEMIA | SINTA | RESEARCHGATE | PUBLONS

Marhamah Marhamah, Universitas Pendidikan Indonesia

Marhamah, lahir di Wonogiri, 6 Desember 1998. Saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Penulis pernah menjadi Bendahara Lembaga Dakwah Kampus Fokussalam UPI Kampus Purwakarta tahun 2017–2018, menjadi anggota Departemen Minat dan Bakat Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa PGPAUD UPI Kampus Purwakarta tahun 2017–2018, menjadi ketua Departemen Minat dan Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa PGPAUD UPI Kampus Purwakarta tahun 2018–2019, dan menjadi Staff Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UPI Kampus Purwakarta tahun 2020. Selain itu, penulis juga aktif menulis dan telah menerbitkan buku yang berjudul “Love or Friendship†dan “Goresan Tinta di Ujung Senja†tahun 2019. Penulis pernah mendapatkan penghargaan juara 2 lomba cipta puisi nasional yang diselenggarakn HMJ IAIN Tulungagung tahun 2019, menjadi finalis olimpiade menulis puisi nasional yang diselenggaran Sinar Gamedia tahun 2019, menjadi penyair terpilih lomba cipta puisi nasional yang diselenggarakan Zhieda ZA tahun 2020, menjadi 10 penulis terpilih cipta puisi yang diselenggarakan Abiezhian tahun 2020, dan menjadi juara favorit musikalisasi puisi tingkat nasional yang diselenggarakan Inong Agam tahun 2020. Penulis dapat dihubungi melalui email: marhamah@upi.edu

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press.

Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (WAG). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial, 700–702.

Amariana, A., & Ruhaena, L. (2012). Keterlibatan Orang Tua dalam Perkembangan Literasi Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Bhagaskara, A. E., Nur Afifah, E., & Maulana Putra, E. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.183.

Dewi. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Reading Aloud terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Jawa [Universitas Muhammadiyah Magelang]. http://eprintslib.ummgl.ac.id/489/1/12.0305.0182.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif, 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/ view/89.

Erik, B., & Cahyati, N. (2020). Kegiatan Home Literacy Dalam Mengembangkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Masa Wfh. Jurnal Golden Age, 4(1), 160–166. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2219.

Fahyuni, E. F., & Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Nizamial Learning Center.

Gatot, M., & Doddyansyah, M. R. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Metode Read Aloud. Jurnal Obor Penmas Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 56–66. http://dx.doi.org/10.32832 /oborpenmas.v1i1.1482.

Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 106–114. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3353.

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran melalui Whatsapp Group sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667.

Kurnia, S., & Fuada, S. (2021). Program Penguatan Pembelajaran Online di Paud RA Daarul Amiin Purwakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 101–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1736.

Latipah, & Fuada, S. (2021). Pelatihan Kinemaster bagi Guru TK Sekarwangi Cirebon untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembuatan Video Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 101–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1696.

Lusiana, T. S., Briliany, N., Purdhani, L. T., Suryani, C., Nuraeni, S., Alfiyah, & Maranatha, J. R. (2021). Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1(1), 8–14. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33193.

Majid, N. W. A., Abukahir, A., Alfathin, A., Ummah, A. H., & Wardani, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Efektif di Rumah Saat Pandemi Covid-19 kepada Warga Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1(1), 1–7.

Marli’ah, S., & Apriliyana, F. A. (2021). Efektivitas Strategi Read Aloud dalam Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 74–81. http://journalfai. unisla.ac.id/index.php/jce/article/download/496/422.

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood. v2i2b.288.

Panjaitan, C. J., & Hasanah, U. (2018). Meminimalisir Kesulitan Membaca dengan Metode Reading Aloud pada Siswa MIN 1 Langsa. Seminar Nasional Royal (SENAR), 547–552. https://jurnal.stmikroyal. ac.id/index.php/senar/article/view/238.

Priyantini, L. D. E., & Yusuf, A. (2020). The Influence of Literacy and Read Aloud Activities on the Early Childhood Education Students’ Receptive Language Skills. Journal of Primary Education, 9(3), 295–302. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39216.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., & Prakoso, Y. M. (2020). Persepsi Guru PAUD terhadap Sistem Pembelajaran Daring melalui Whatsapp di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6574.

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal VARIDIKA, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904.

Salam, R. (2021). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal. Journal of Public Administration and Government, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.22487/jpag.v3i1.138.

Sauri, F. S. (2019). Perancangan Storyboard Dalam Film Animasi 3d “ Sons Of Pandawa ” Storyboard Design In 3D Animation Film “ Sons Of Pandawa ” Keywords : Storyboard , Adaptation , Puppet Figure , 3D Animation Film. 6(2), 1672–1680.

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/ 10.33369/jip.4.2.115-120.

Sumriana. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas III SDN 5 Kayumalue Ngapa Kecamatan Palu Utara. Jurnal Bahasantodea, 3(2), 50–58. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/6312.

Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An - Nizomiyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8781.

Susilaningsih, S., Abbas, N., & Nurharini, A. (2018). Strategi Interactive Read Alouds Dalamoptimalisasi Keterampilan Pemahaman Dongeng Anak Di Sdn 01 Tawangmas Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 77–82. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.15093.

Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Remaja Rosdakarya.

Taruno, H. T., Widyastuti, S., Zamania, A. N., & Mulyono, J. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 Provinsi Jawa Tengah 2020. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Yumnah, S. (2017). Membudayakan Membaca dengan Metode Read Aloud. Jurnal Studi Islam, 12(1), 84–90. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2907.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Fuada, S., & Marhamah, M. (2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo - Wonogiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577

Issue

Section

Articles