Penyuluhan Literasi Belajar Online untuk Masyarakat Bersama Komunitas Pemuda Mandiri

Authors

  • Didin Hadi Saputra Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Muhammad Shohibul Ihsan Program Studi Biologi, Fakultas MIPA Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676

Keywords:

Penyuluhan, Literasi Belajar Online, Pemuda

Abstract

Pandemi covid-19 mengharuskan setiap pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan secara online, sehingga setiap komponen pendidikan dituntut untuk memiliki litersi belajar online yang baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan tentang literasi pembelajaran online kepada masyarakat secara umum, serta mendampingi masyarakat dengan intensif dan berkelanjutan bagaimana menggunakan media belajar dengan bijak agar belajar lebih efektif dan bermanfaat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah tahap observasi, tahap penyusunan program, tahap sosialisasi dan tahap evaluasi. Dalam kegiatan ini diperoleh output atau luaran yakni sebagian besar peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat komunikatif serta memberikan gambaran kepada tim pengabdi bahwa semangat peserta dalam mengikuti pengabdian sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan aktifnya mitra pengabdian (komunitas pemuda) dalam membantu tim pengabdi dalam membimbing masyarakat melakukan literasi pembelajaran dengan tatap muka dan membimbing langsung pembelajar tersbeut melalui media yang telah disediakan (LCD proyektor).

References

Amilia, F. (2019). Kompetensi Literasi Infomasi Guru Paud Di Era 4.0: Antara Tuntutan Dan Realitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5(2), 124–129. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2936.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL LAMPUHYANG, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2020). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pemberdayaan Dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Desa Cikedokan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 168–175. http://www.openjournal. unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/4501.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004 /edukatif.v2i1.89.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95/48.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Mujahidin, I., & Arinda, P. S. (2021). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Workshop E-Learning Berbasis Web E-Class Untuk Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Jarak Jauh. 4, 14–18.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10. 31004/obsesi.v5i1.529.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization, 2(October), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Pohan, S. S., & Suparman. (2020). Perspektif Literasi Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 164–178. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i2.2932.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. 21(1), 1–9.

Roni, H. A., & Asep Priatna. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/ 10.36989/didaktik.v6i1.120.

Sobron, Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Enterpreneurship, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Sulistyowati, T., Sugiharto, M. A., & Kumalasari, L. D. (2021). Pendampingan Pembelajaran Siswa Pada Era Pandemi Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 569–576. https://doi.org/ 10.31949/jb.v2i2.812.

Widikasih, P. A., Widiana, I. W., & Margunayasa, I. G. (2021). Online Learning Problems for Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jere.v5i3.34254.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Saputra, D. H., Ihsan, M. S., & Zainuddin Atsani, L. G. M. (2021). Penyuluhan Literasi Belajar Online untuk Masyarakat Bersama Komunitas Pemuda Mandiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676

Issue

Section

Articles