Pelatihan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Tujuan Promosi dengan Media Kahoot pada Pegawai Hotel di Kabupaten Merauke

Authors

  • Lastika Ary Prihandoko Universitas Musamus, Indonesia
  • Fredy Fredy Universitas Musamus, Indonesia
  • Arin Mantara Anggawirya Universitas Musamus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41100

Keywords:

COVID-19, metawacana, gamification, bahasa Inggris untuk promosi, Papua

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mentransformasi usaha pariwisata. Pelaku usaha pariwisata dituntut lebih cekatan dalam merespon dan beradaptasi terhadap perubahan ini. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dirancang untuk dapat mendampingi pelaku usaha pariwisata, khususnya dalam jasa perhotelan agar dapat melakukan terobosan untuk beradaptasi dengan kenormalan baru. Pelatihan bahasa Inggris untuk tujuan promosi melalui materi metawacana dengan media gamification Kahoot dilakukan kepada 48 staf pada salah satu hotel di kabupaten Merauke. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam kurun waktu empat hari. Peserta diberikan pre-test pada hari pertama pelatihan dan diberikan post-test pada hari terakhir pelatihan. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test kemudian dilakukan analisis Wilcoxon menggunakan SPSS 23. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 31 peserta mengalami peningkatan kemampuan. Dengan perolehan P-value < 0.05 dapat disimpulkan bahwa materi metawacana dengan media Kahoot terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk promosi pada pegawai hotel di kabupaten Merauke, Papua. Hasil dari program PKM ini diharapkan untuk dikembangkan pada target peserta yang lebih luas dalam rangka turut membantu percepatan pemulihan usaha wisata, khususnya perhotelan.

Author Biographies

Lastika Ary Prihandoko, Universitas Musamus, Indonesia

Department of English Literature, Faculty of Teacher Training and Education,

Fredy Fredy, Universitas Musamus, Indonesia

Department of Pre-School and Elementary School Education, Faculty of Teacher Training and Education

Arin Mantara Anggawirya, Universitas Musamus, Indonesia

Department of English Literature, Faculty of Teacher Training and Education,

References

Abbas, J. (2021). Crisis Management, Transnational Healthcare Challenges and Opportunities: The Intersection of COVID-19 Pandemic and Global Mental Health. Research in Globalization, 3, 100037. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2021.100037.

Anggarini, D. T. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31. https://scholar.archive.org/work/m6uyf76v7verfgo4uqals2pkpq/access/wayback/https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/download/9809/pdf.

Arifin, N. Y., & Ahmad, F. (2020). Perancangan Media Promosi Berbasis Web dengan Metode Waterfall. Engineering and Technology International Journal, 2(2). https://www.mand-ycmm.org/index.php/eatij/article/view/53.

Bransford, J. D., & Stein, B. S. (1984). The IDEAL Problem Solver . New York: W. H. H Freeman & Co.

Crystal, D., & Tena, P. (2002). “El Lenguaje E Internet” De David Crystal. In Revista de Investigación Lingüística (Vol. 5, Issue 2). Cambridge university press Madrid.

Cuomo, M. T., Tortora, D., Foroudi, P., Giordano, A., Festa, G., & Metallo, G. (2021). Digital Transformation and Tourist Experience Co-Design: Big Social Data for Planning Cultural Tourism. Technological Forecasting and Social Change, 162, 120345. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120345.

Desmarais, F. (2015). Caught in An Inconvenient Nation-Branding Promise: the Problematic “100% Pure New Zealand.” Interdisciplinary Environmental Review, 16(1), 1. https://doi.org/10.1504/ier.2015.069395.

Eddyono, F. (2021). Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia.

Fitriani, F., & Betaubun, A. (2017). Potensi Daerah dan Pengembangan Promosi Parawisata Merauke melalui Iptek dan Seni Fotografi. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi Dan …, 6(1), 17–33.

Hallett, R. W., & Kaplan-Weinger, J. (2010). Official Tourism Websites. In Official Tourism Websites. Channel View Publications. https://doi.org/10.21832/9781845411381.

Hitchcock, M., & Dann, G. M. S. (1998). The Language of Tourism: A Sociolinguistic Perspective. In The Journal of the Royal Anthropological Institute (Vol. 4, Issue 3). Cab International. https://doi.org/10.2307/3034171.

Irimiea, S. B. (2018). The Relationship Between the Language of Tourism, Tourism and Sociology. European Journal of Social Science Education and Research, 5(2), 138. https://doi.org/10.26417/ejser.v5i2.p138-151.

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–36. https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/7447.

Isnaini, L. M. Y., & Hasbi, H. (2020). Peran Sport Tourism dalam Pengembangan Ekonomi di NTB. LEMBING PJKR (Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi), 4(2), 27–32. https://unu-ntb.e-journal.id/lembing/article/view/13.

Lisbet, L. (2020). Pemanfaatan Forum Pariwisata Asean untuk Promosi Pariwisata Indonesia. Kajian, 25(1), 35–52. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/1887.

Lopes, S. D. F. (2011). Destination Image: Origins, Developments and Implications. PASOS. Revista de Turismo y Patrimonio Cultural, 9(2), 305–315.

Ma, X., de Jong, M., Sun, B., & Bao, X. (2020). Nouveauté or Cliché? Assessment on Island Ecological Vulnerability to Tourism: Application to Zhoushan, China. Ecological Indicators, 113, 106247. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2020.106247.

Maturbongs, E. E. (2020). Kolaborasi Model Pentahelix dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Merauke. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.31334/transparansi.v3i1.866.

Ninla, E. F. (2019). Sistem Pendukung Keputusan untuk Memberikan Alternative Pengembangan Lokasi Objek Wisata di Kabupaten Merauke (Issue 2017, pp. 4–10). STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Pamendra, F. W., & Prabawa, B. A. (2021). Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Wisata Pantai Onggaya Kabupaten Merauke Provinsi Papua. University of Teknologi Yogyakarta.

Panuju, R., & Narena, I. K. (2019). Komunikasi Organisasi Bidang Reservasi Hotel. Jurnal Komunikasi, 11(1), 30–41. http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2297.

Permyakova, T. M., Morozova, I. S., & Smolianina, E. A. (2017). Speaking of. Tourism Culture & Communication, 17(3), 173–189.

Pickett, D. (1989). The Sleeping Giant: Investigations in Business English. Language International, 1(1), 5–11.

Pradipta, M. P. Y. (2021). Pengaruh New Normal terhadap Kegiatan Pariwisata di Indonesia. SABBHATA YATRA: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 2(1), 28–42. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/sabbhata_yatra/article/view/270.

Rohbiah, T. S. (2020). An Analysis of Semantic Changes of English Lexical Borrowings in Indonesia Tourism Field. Loquen: English Studies Journal, 13(1), 40. https://doi.org/10.32678/loquen.v13i1.2554.

Sudiarta, I. M., Suharsono, N., Tripalupi, L. E., & Irwansyah, M. (2021). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat. Business and Accounting Education Journal, 2(1), 22–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej/article/view/42765.

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah COVID-19 pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206.

Trisakti, F. A., & Alifahmi, H. (2018). Destination Brand Storytelling: Analisis Naratif Video The Journey to A Wonderful World Kementerian Pariwisata. Jurnal Komunikasi Indonesia, 73–86.

Wijaya, D. A., Saeroji, A., Prasetyo, J. S., & Agfianto, T. (2020). Strategi Pemasaran Berbasis Website di Kampung Wisata Baluwarti Surakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1043–1048. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/201.

Wiradharma, G., Arisanty, M., & Mahmudah, D. (2021). Infografis Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI sebagai Media Diseminasi Informasi dan Branding Ekonomi Kreatif Kabupaten/Kota di Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 25(1), 46–60. https://scholar.archive.org/work/ylxgtekivzdqxevasqztapjyda/access/wayback/https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/download/3696/1556.

Yurko, N., Styfanyshyn, I., Protsenko, U., & Romanchuk, O. (2019). Tourism English : the Fields of Occupational Benefits. 66–68.

Zahedpisheh, N., B Abu bakar, Z., & Saffari, N. (2017). English for Tourism and Hospitality Purposes (ETP). English Language Teaching, 10(9), 86. https://doi.org/10.5539/elt.v10n9p86.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Prihandoko, L. A., Fredy, F., & Anggawirya, A. M. (2021). Pelatihan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Tujuan Promosi dengan Media Kahoot pada Pegawai Hotel di Kabupaten Merauke. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 316–323. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41100