IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Garminah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Karmila Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD No. 1 Petandakan, setelah diterapkannya metode diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam bentuk siklus-siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap rencana, tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD No. 1 Petandakan pada yang terdiri dari 21 orang siswa. Data aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda dan uraian yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan kategori pasif pada refleksi awal, menjadi sebesar 6,04 pada siklus I yang tergolong kategori cukup aktif, dan mengalami peningkatan 1,57  menjadi 7,61 pada siklus II yang tergolong kategori aktif. (2) Terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa dimana pada refleksi awal sebesar 59% mengalami peningkatan 9,33% pada siklus I menjadi sebesar 68,33%, dan mengalami peningkatan sebesar 11,67% menjadi sebesar 80% pada siklus II. (3) Terjadi peningkatan pada ketutasan belajar siswa dimana pada refleksi awal sebesar 14,28% mengalami peningkatan 52,39% menjadi sebesar 66,67% pada siklus I , dan mengalami peningkatan kembali menjadi sebesar 85,71% pada siklus II.

References

Abimanyu, Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional

Agung, AA Gede. (2005). Metoda Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja

Dimyati dan Mudjono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta

Dzaki, Muhammad Faiq. (2009). ”Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran”. Tersedia pada http://www.scribd.com/doc/28090975/Karakteristik-Peserta-Didik-Dalam-Proses-Pembelajaran. (Diakses pada tanggal 16 Januari 2011).

Junaidi, Wawan. (2010). ”Definisi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Tersedia pada http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/04/definisi-pendidikan-kewarganegaraan-pkn.html. (Diakses pada tanggal 16 Januari 2011)

Kanca, I Nyoman. (2006). Metodalogi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kartadinata, Sunaryo. (1997). Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Deperteman Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project)

Nurkancana dan Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Sardiman. (2004). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Septa, Kurnia. (2009). ”Karakteristik Perkembangan Anak Usia Kelas Awal SD”. Tersedia pada http://infopendidikankita.blogspot.com/2009/12/karakteristik-perkembangan-anak-usia.html. (Diakses pada tanggal 16 Januari 2011).

Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mulyani, dkk. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Deperteman Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project)

Tegeh, Made. (2000). Memotivasi Rasa Ingin Tahu dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Catur Wulan III Sekolah Dasar Laboraturium STKIP Singaraja Tahun Ajaran 1999/2000 Melalui Variasi Penerapan Media Belajar Visual. Skripsi (tidak diterbitkan).Singaraja: STKIP

Wahab, Abdul Azis. (1997). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN). Bandung: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Published

2017-07-26

How to Cite

Renda, N. T., Garminah, N. N., & Karmila Dewi, D. A. (2017). IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. International Journal of Elementary Education, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11437

Issue

Section

Article