Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial

Authors

  • Arrasyid Arrasyid

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Card Sort dan sikap sosial terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Gugus I Kecamatan Situbondo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 190 orang dan diambil sampel sebanyak 98 orang yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui test dan kuisioner. Analisis Data pada penelitian ini menggunakan analisis varians (Anava) dua jalan. Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Strategi pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap sosial terhadap hasil belajar IPS. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Strategi pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap sosial tinggi. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model Strategi pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap sosial rendah.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Arrasyid, A. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial. International Journal of Elementary Education, 2(2), 101–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411

Issue

Section

Article