Keefektifan Model NHT (Numbered Heads Together) Berbantu Media Sapuan Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ardian Pahlevi 3Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani 3Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo . 3Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17278

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Nilai hasil belajar matematika siswa kelas 1 yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM. Hal ini disebabkan kurangnya penggunakan model dan media pembelajaran yang memperjelas konsep-konsep abstrak dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model NHT (Numbered Heads Together) berbantu media sapuan terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran MATEMATIKA kelas 1 SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Desan penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-posttest. Populasi pada penelitain ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Tlogosari Kulon 01.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantu media sapuan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 1 efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest siswa meningkat 20,18% dari hasil nilai pretest. Selain itu diperkuat dengan hasil peritungan uji-t diperoleh   sebesar 21,36193 dan   sebesar 2,048 ,karena   (21,36193) >   (2,048) maka hal itu menunjukan bahwa uji t  signifikan

References

Alvario, Prilusma. 2016. Efektivitas Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Pada Anak Tunarungu Kelas IV di SDN No 35 (SDLB) Painan Utara. E-JUPEKku. Volume 5 Nomor 1.

Anitah, Sri W.Dkk. 2012. Strategi Pembelajaran di SD, Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Ksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta.: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Baharudiin, Esa Nur Wahyuni.2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathani, Abdul Salim. 2018. Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gede, I Budi Astrawan. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kela V SDN 3 Tonggolobibi. .https//scholar.google.co.id. Jurnal.untad.ac.id. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3 (4), 2014

Hamdaya, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Karso, dkk. 2012. Pendidikan Matematika 1, Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kusumawati, Hanifah dan Mawardi. 2016. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. https//scholar.google.co.id. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6 (3), 251-263, 2016.

Muhsetyo, Gatot, Dkk. 2016. Pembelajaran Matematika sd, Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Noviyanti, Ervin. 2018. Keefektifan Media Sapuan (satuan danpuluhan) Pada Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SDN 01 Mororejo. Skripsi. FIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.

Rafika, Fela Erza.2016. Pengaruh Dari Penerapan Model NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Berbantu Media Konkret Siswa Kelas IV SDN Maribaya 01 Kab.Tegal. Buku Elektronik. File PDF. 8 Oktober 2018.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1. Sekertariat Negara. Jakarta.

Sadirman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Setianingsih, Ekasari, Rahmat Rais dan Asep Ardiyanto. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sundayana, Restina. 2013. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Garut: Alfabeta.

Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Taufik, Agus, Hera L Mikarsa, Puji L Prianto. 2013 Pendidikan Anak di SD, Edisi 1. Tanggerang Selatan..

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Pahlevi, A., Damayani, A. T., & ., K. (2019). Keefektifan Model NHT (Numbered Heads Together) Berbantu Media Sapuan Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17278

Issue

Section

Article