Keefektifan Media Roda Jelajah Indonesia terhadap Hasil Belajar Materi Tematik

Authors

  • Andriani Andriani Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • M. Yusuf Setia Wardhana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18528

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya alat pendukung kegiatan pembelajaran yang membuat peserta didik pasif sehingga menimbulkan kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media roda jelajah Indonesia menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media roda jelajah Indonesia terhadap hasil belajar materi tematik siswa kelas V SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Dengan sebanyak 40 siswa. Hasil analisis statistik dengan uji-t diperoleh  thitung = 2,272 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,024. Maka thitung >  ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengunaan media roda jelajah Indonesia efektif terhadap hasil belajar materi tematik siswa kelas V SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 Hal. 44-52. Tersedia Pada : https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5442.

Galuh Suasari, Ananda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Roda Jelajah Indonesia Untuk IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-6 Hal. 1103-1110. Tersedia Pada : http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/10358/9915.

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lutvaidah, Ukti.2015. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Vol. 5 No. 3 Hal. 279-285. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653.

Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar Vol. V No. 1 Hal. 1-24. Tersedia Pada : http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/view/107/103.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1 Hal. 9-16. Tersedia Pada : http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/download/515/443/.

Raehang. 2014. Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 7 No. 1 Hal. 149-167. Tersedia Pada : http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/249.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-07-16

How to Cite

Andriani, A., Mushafanah, Q., & Wardhana, M. Y. S. (2019). Keefektifan Media Roda Jelajah Indonesia terhadap Hasil Belajar Materi Tematik. International Journal of Elementary Education, 3(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18528

Issue

Section

Article