Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika

Ariyanti Prawitaningrum, Endang Endarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan efektivitas antara Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test  menunjukan t hitung > t tabel yaitu 4,836 > 1,312 dan signifikan 0,010 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model GGE lebih efektif dibanding model CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

 


Full Text:

PDF

References


Baharudin, 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam.Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Depdiknas. 2003. UU No. 20 Th. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kartika Istri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II SD Gugus II Kecamatan Sukawati MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).

Kurniasih dan Sani. 2015. Ragam pengembangan model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Nazir, Moh. 2005. Metode penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Prabawati Chandra. 2013. Pengaruh Model Circ Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Rendang. MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).

Shoimin, Aris. 2014. Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slavin, Robert. 2000. Educational Psycology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Suantini, Ni L. P. Yuni. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV di Gugus II Kecamatan Gerokgak”. Jurnal. Jurusan PGSD Undiksha

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wedayanti, Ni Wyn. Anggun. 2013. “pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 18 pemecutan”. Journal. Jirisan PGSD Undiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19416

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF file view : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:

Crossref  

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.