Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bangunan Kapal Penangkap Ikan Program Keahlian Nautica Kapal Penangkap Ikan dengan Materi Pokok Bagian-Bagian Kapal Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inquiri

Authors

  • I. Gede Suarsana Smk Negeri 2 Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21763

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa dan kemampuan dalam  berinteraksi di kelas pada mata pelajaran Bangunan Kapal Penangkap ikan  siswa kelas X Semester Satu SMK Negeri 2 Negara sehingga secara keseluruhan prestasi siswa kelas X semester satu tahun pelajaran 2012/2013, belum dapat diwujudkan sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh sekolah. Sedangkan pengaruh   Globalisasi saat ini telah melanda dunia dan tentu berdampak terhadap sektor pendidikan . Dunia yang luas sudah menjadi seolah-olah sempit.  Interaksi antar manusia dalam wujud tertentu sudah tidak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Interaksi tersebut salah satunya dalam bentuk komunikasi. Komunikasi melalui media saat ini sudah menjadi suatu budaya. Media yang biasa digunakan adalah media audio, visual dan audio visual seperti penggunaan lagu-lagu, gambar, model dsb sangat berpengaruh terhadap perhatian dan daya pandang peserta didik. Perkembangan interaksi antar manusia melalui media semakin maju seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Dimana sains memberi kontribusi terbesar bagi perkembangan teknologi media. Media audio, visual dan audio visual menjadi suatu yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Semua media tersebut berbasis pada teknologi informasi. Informasi yang disampaikan melalui media  memberi warna baru pada peradaban umat manusia.

Kata Kunci: Prestasi belajar, Kapal Penangkap Ikan, Metode Inquiri

 

 

References

Suharsimi Ariknto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas .2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB, SLB Tingkat Dasar, dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Fenica, I., Muderawan, I. W., & Widiartini, P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 1-6.

Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Indra Jati Sidi. 2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Izzaty, Rita Eka. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017

Nasution. 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksar

Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution .2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif. (www.puskur_balitbang_depdiknas.com).upadate 28 Agustus 2007.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruktsional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Setiawati, Linda. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3, November 2015

Sudibjo, Niko. 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Koneksi Matematis, Memecahkan Masalah, dan Komunikasi Matematis . Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 19, No. 2, Agustus 2017

Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algensindo

Tim Penyusun, 2003, Belajar Sejarah dan Budaya, Jakarta: Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Suarsana, I. G. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bangunan Kapal Penangkap Ikan Program Keahlian Nautica Kapal Penangkap Ikan dengan Materi Pokok Bagian-Bagian Kapal Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inquiri. International Journal of Elementary Education, 3(4), 471–477. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21763

Issue

Section

Article