HUBUNGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 SALATIGA

Authors

  • Thirsia Hadi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sapto Irawan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa SMA Kristen Salatiga 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah Kendall Tau dengan bantuan program SPSS Windows 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi berprestasi yang termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,6% dan layanan tutoring berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 67,1%. Berdasarkan analisis data, rxy = 0,329 dihasilkan dengan p = 0,000 <0,05, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa. Dengan demikian semakin tinggi skor pelaksanaan layanan bimbingan belajar, semakin tinggi skor motivasi berprestasi siswa, maka pelaksanaan layanan bimbingan belajar perlu ditingkatkan agar motivasi berprestasi siswa meningkat.

References

Abidin, Zainal. 2006. “Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar”. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Insania|Vol. 11|No. 1|Jan-Apr 2006|34-48 1 P3M STAIN Purwokerto .

Andayani, Ni Putu Sri Nonik & Made Sulastri , Gede Sedanayasa. “Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1, Tahun 2014.

Andi Thahir, Babay Hidriyanti. 2014.”Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang”. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 01 (2) (2014) 63-76 Https://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Konseli.

Azwar, S. (2003). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Devi Lailatul Maufiroh, Yuline, Busri Endang.2015. “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA N 10 Pontianak”. Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Untan Pontianak Vol 2 No 1 2015.

Dwija , I Wayan. 2008. “Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 1 TH. XXXXI Januari 2008.

Hapsari, S. 2004. Hubungan antara Harga Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja di Dukuh Sidoarjo Salatiga. Skripsi (tidak diterbitkan). Salatiga: Fakultas Psikologi: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Mochamad Nursalim. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Erlangga.

Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara

Rina, Ni Nyoman & Gede Sedanayasa, Ni Made Setuti.2013. “Penerapan Bimbingan Belajar Melalui Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Budi Pekerti”. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Vol 1 No 1 2013 (46)

Syamsu Yusuf, L.N & Juantika Nurishan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Titis, F.P.A. 2015. Hubungan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI-MIA SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal mahasiswa Unisri (Online).2015 Retrieved from http://jurnal-mahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkipbk/article/viewFile/96/74.

Wijono, Sutarto. 2012. Psikologi Industri dan Organisasi. Kencana.

Winkel. W.S dan Hastuti, Sri. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Downloads

Published

2018-12-19

Issue

Section

Articles