HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Devince Boba Lapura Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru BK SMP Negeri di Kota Salatiga. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru BK SMP Negeri di Kota Salatiga  berjumlah 32 orang yang berasal dari 10 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik analisis data menggunakan koefisien contingency dengan bantuan SPSS Statistics 22. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Untuk mengetahui tipe kepemimpinan kepala sekolah penulis menggunakan teori Wahab (2008) dan untuk mengetahui kinerja guru BK berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Berdasarkan hasil analisis koefisien contingency diperoleh nilai koefisien antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru BK sebesar 0,553 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru BK SMP Negeri di Kota Salatiga.

 

Kata-kata kunci : Tipe Kepemimpinan, Kinerja Guru BK

References

Arimbi, Vela Miarri Nurma. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Temanggung. Skripsi. MP FIP UNY.

Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Hamzah & Lamatenggo, 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Menteri Pendidikan Nasional. 2008, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Tersedia dalam http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/tenaga/Permen_27_Th-2008.pdf (Diunduh 30 Januari 2018)

Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

____________2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nursalim, Mochammad. 2015. Pengembangan profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pratiwi, Citra. 2014. Pengaruh Tipe Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Se-Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Tersedia dalam http://eprints.uny.ac.id/14007/1/skripsi.pdf (Diunduh 20 November 2017)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia dalam http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf (Diunduh 20 Januari 2018)

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tersedia dalam http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf (Diunduh 30 Januari 2018)

Wahab, Abdul Azis. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah terhadap Organisasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yamin, Martinis, dkk. 2010. Standarisasi Kerja Guru. Jakarta: Gaung Persada (GP Press) Jakarta.

Yusnimar, 2013. Pengaruh Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Tersedia dalam http://repository.uin-suska.ac.id/2580/ (Diunduh 21 Januari 2018)

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2018-12-19

Issue

Section

Articles