PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PEMBELAJARAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI RANAH PSIKOMOTOR

Authors

  • I Putu Suarbawa SMK Negeri 1 Sukasada

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17624

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Corell Draw siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan hasil belajar Corel Draw pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74,29  yang termasuk ke dalam kategori kurang, dengan sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 53,57 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata Corel Draw siswa sebesar 88,75 yang termasuk klasifikasi baik, dengan daya dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 28 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Corell Draw siswa.

 

Kata Kunci : Hasil belajar Corell Draw, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL

References

Adiputra, I. N. (2014). Pengembangan E-Modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja. Januari 20, 2015, from Karmapati Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha.

Amiroh. (2012). Membangun E-Learning dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo: PT Berkah Mandiri Globallindo.

Ananda, M. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurusan Teknologi Pendidikan. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha.

Bektiarso ,Singgih (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma . Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.3, Desember 2015, hal 261 – 267.

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2008a. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.

Depdiknas. 2008b. Teknik Penyusunan Modul. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMK.

Dewi, N. K., Garminah, N. N., & Pudjawan, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 8 Banyuning. Retrieved Januari 20, 2015, from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105329&val=1342.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

-------, 2010. Penelitian Tindakan kelas (Classroom action Research). Makalah. Disajikan dalam Pelatihan PTK Guru Penjasorkes se-Bali, Jumat, 12 Desember 2008.

Erlin Frida Siregar. 2011. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams Achievement division (stad) untuk meningkatkan hasil belajar Ips siswa kelas iv di sd negeri 78 sebangar kecamatan mandau Kabupaten bengkalis. Universitas Riau. Tersedia pada: http:// repository.unri.ac.id/.../1/ .JURNAL%20ERLIN.pdf‎ (diakses tanggal 8 November 2013)

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013

Heri Setiawan, Putu. 2011. Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Basket pada Siswa Kelas VIII D SMP N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2010/2011. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Khaldun ,Ibnu (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, No.02, hlm 96-105, 2016

Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Pawana, M. G. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Materi Pemrograman Web Siswa Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-10.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. 2008. Tersedia :

http://datahukum.pnri.go.id/index.php?option=com_phocadownload&view=category&download=2771:pp74tahun2008&id=28:tahun-2008&Itemid=28&start=80

(12 Agustus 2013)

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Saehana ,Sahrul (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas VII MTs Bou . Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 3 No. 3 ISSN 2338 3240

Satria Adi Utama, I Komang. 2011. Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tolak Peluru pada Siswa Kelas VIII A1 SMP N 1 Sawan Tahun Pelajaran 2010/2011. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Santyasa dan Sukadi. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Singaraja : Undiksha.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suroto, dkk. 2007.Pembelajaran Penjasorkes Inovatif untuk Pendidikan dasar. Surabaya : Balitbang-Pulitjaknov.

Slavin, Robert. E. 2010. Cooperative Learnig. Bandung: Nusa Media.

Syarifuddin, Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1 SLTP Kelas 1. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyanto, dkk. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D-II.

Surya ,Ariz (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2

Tas’ Adi ,Rafsel (2014). Pentingnya Etika Dalam Pendidikan . Jurnal Bimbingan Konseling STAIN Batusangkar Volume 17, No. 2 Desember 2014

Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal IKA, 12-26.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Thobroni, M & Arif,M. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi kostruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Puhlisner.

Wijayanti, N. P. (2016). pengembangan e-modul berbasis project based learning pada matapelajaran simulasi digital untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan.

Winaya, I. K. (2016). Pengwmbangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Matapelajaran Pemrograman Web Kelas X Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan.

Wiyoko, T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif Untuk Kelas XI SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 11-15.

Downloads

Issue

Section

Articles