NILAI MORAL FILM ANIMASI BIG HERO 6 PRODUKSI WALT DISNEY TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dhena Rismaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Husnul Hadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Mudzanatun . Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17627

Abstract

Karakter seorang anak dibentuk tidak lepas dengan adanya nilai-nilai moral. Apabila proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak disertai atau tidak diimbangi dengan penanaman nilai moral tentunya akan berpengaruh terhadap karakternya misalnya sikap kepeduliannya. Dalam membentuk moral anak dapat dilakukan sejak usia dini yaitu dengan memberi tayangan  yang mendidik pada anak.  Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimanakah nilai moral film animasi Big Hero 6 terhadap sikap kepedulian siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan nilai moral film animasi Big Hero 6 terhadap sikap kepedulian siswa sekolah dasar . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kebonsawahan 02 tahun 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas III. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh postif nilai moral film animasi Big Hero 6 untuk siswa kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah dideskripsikan, terdapat banyak sikap kepedulian yang tertanam dalam film animasi Big Hero 6. Nilai moral yang terdapat dalam film animasi Big Hero 6 dapat digunakan sebagai contoh teladan dan penanaman sikap kepedulian pada siswa hal ini terbukti dari hasil wawancara, observasi dan hasil analisis angket yang digunakan. Sikap kepedulian tergambar dalam percakapan serta tindakan yang dilakukan oleh para tokoh cerita didalamnya. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam fil animasi Big Hero 6 yaitu tolong menolong, kerja sama, rasa hormat, kebijaksanaan, pemberani, rendah hati, dan pantang menyerah.

 

Kata Kunci : Nilai Moral, Peduli, Film Animasi Big Hero 6.

References

Al-Anwari, Amirul Mukminin.2014.Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri.Jurnal Pendidikan Islam.Vol. XIX, No.02.Jambi: IAIN Sulthan Thahah Saifuddin Jambi.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/16Diakses pada tanggal 10 Maret 2019

Badarudin. 2018. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Bioskopkeren.xyz.BIG HERO 6-(2014) http://bioskopkeren.xyz/big-hero-6/ Diunduh pada tanggal 25 Oktober 2018

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif. Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press

Gusti, A, dkk. (2015). Determinan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Berkelanjutan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Ghony, Djunaidi & fauzan almanshur.2017.Metodologi Penelitian Kualitatif.Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA

Mahardi, Dedi.2013.The Power Of Care.Jakarta:Percetakan PT Gramedia

Masrukhan, Ahsan. 2016. Pelaksanaan Karakter Peduli Sosial Di SD Negeri Kotagede Yogyakarta. Jurnal Kependidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 29 Tahun Ke-5. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/4855. Diakses pada tanggal 12 Maret 2018.

Pramana, K. A. B., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran PQ4R Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Pendidikan Dasar . Volume 4 Tahun 2014.

Sugihartono, Ranang Agung dkk.2010.Animasi Kartun. Kembangan-Jakarta Barat:PT INDEKS Permata Puri Media

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta

Untari, Mei Fita Asri.2016.” Kajian Nilai Moral Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin

Edisi “IKHLAS DARI HATI” Produksi Les’ Copaque”.Jurnal Kependidikan.v olume 6 Nomor 1, 1-9.Semarang:PGSD Universitas PGRI Semarang.

Downloads

Issue

Section

Articles