PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Ni Wayan Sri Kartika Dewi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing-prompting berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di gugus V Kecamatan Bangli Tahun Ajaran 2018.Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen),denganrancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Kayubihi dan SDN 1 Landih.  Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Probing-prompting berbantuan media video dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (5,051) > ttabel (2,002). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (18,00) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol(13,00). Dengan demikian, model pembelajaran Probing-prompting berbantuan media videoberpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Maka model pembelajaran probing-prompting dapat diterapkan sebagai salah satu model yang inovatif dalam pembelajaran IPA di SD.

 

Kata Kunci : probing-prompting,video,hasil belajar

References

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Pubishing.

Amir Nurrizkia. 2017. Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap peningkatan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran ipa. Edutcehnologia, Tahun 3, Vol 3 No. 2, Agustus 2017

Ariasih, Sunu, dkk. 2014. “Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII A Semester 2 SMP Negeri 1 Pekutatan Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tersedia pada http://id.portalgaruda. org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=304659 (diakses pada tanggal 17 Pebruari 2018).

Beniasih, Suarjana, dkk. 2015. "PengaruhModel Pembelajaran Core Berbantuan Media". Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/5678. (diakses tanggal 04-01-2018).

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti Elsa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI.IPA Man 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 1 Tahun 2017.

Swarjawa, I. W. E., & Garminah, N. N. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sebatu". Tersedia pada https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/825. (diakses tanggal 04-01-2018).

Tinio, V. L. 2003. ICT In Education. Tersedia pada http://www.apdip.net/publication/iespprimerst/ICTinEducation.pdf. (diakses tanggal 5 Juni 2018).

Downloads

Issue

Section

Articles