Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B

Authors

  • Isna Safira PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan PGSD Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.31302

Keywords:

Instrumen Penilaian, Keterampilan Membaca Permulaan, Anak

Abstract

Keterampilan membaca permulaan adalah kemampuan dalam mengenal lambang-lambang huruf, bunyi huruf, dan mampu mengubungkannya menjadi sebuah kata. Membaca permulaan ditujukan kepada anak usia dini untuk mempersiapkan keterampilan membaca anak sebelum memasuki sekolah dasar. Peserta didik di sekolah yang mengalami kesulitan dalam merangkai huruf, peserta didik belum mampu mengenal huruf dan merangkainya menjadi kata. Dalam pembelajaran membaca anak usia dini diperlukan motivasi, dorongan serta latihan-latihan untuk mengembangkan keterampilan membaca anak. Selain itu, cara guru mengajar, prosedur maupun instrumen yang digunakan juga mempengaruhi peningkatan kemampuan anak dalam membaca permulaan. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian yang ertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan anak kelompok B yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall melalui tahap research and development. Instrumen keterampilan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal klungkung merupakan subjek penelitian dengan menyertakan kisi-kisi serta mengembangkan kedalam kuisioner dengan 12 butir pernyataan telah diuji oleh ahli/pakar pada bidangnya sehingga validitas dan reliabilitas suatu instrument dapat terpenuhi. Instrument yang digunakan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat tinggi dengan skor 0,84 dan 0,81. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa instrument yang telah dikembangkan dapat diterapkan dan digunakan sebagai mana mestinya dalam proses pembelajaran.

References

Agustini, N. L. E., Agung, A. A. G., & Suarni, N. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok a Tk Kumara Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3148.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergamba. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958.

Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/download/2344/1237. DOI: https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.447. DOI: https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71

Delfita, R. (2012). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan gambar dalam bak pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5). https://doi.org/10.24036/1700.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224/197.

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan tumbuh kembang anak dengan orang tua bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48–55. https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439. DOI: https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4). https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290.

Herlina, E. S. (2020). Instrumen Kemampuan Membaca Permulaan (Studi Pengembangan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Di Wilayah Kotamadya Jakarta Timur Tahun 2019). Jurnal Pionir, 6(2). https://doi.org/10.36294/pionir.v6i2.1234.

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–71. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193.

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–13. https://www.academia.edu/download/57369075/1633-3687-1-SM_2.pdf.

Janawati, D. P. A. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Ubud, Gianyar, Bali. Surya Dewata. DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.779

Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300–319. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/download/3877/2896.

Lidwina, S. (2012). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 4(3), 09–18.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134–155. https://doi.org/10.30596%2Fintiqad.v9i1.1087. DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1087

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://www.researchgate.net/profile/Sabina-Ndiung/publication/341800070_Pengembangan_instrumen_tes_hasil_belajar_matematika_peserta_didik_sekolah_dasar_berorientasi_pada_berpikir_tingkat_tinggi/links/5ed5a12c458515294527e691/Pengembangan-instrumen-tes-hasil-belajar-matematika-peserta-didik-sekolah-dasar-berorientasi-pada-berpikir-tingkat-tinggi.pdf. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283–289. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Ramadani, R. (2015). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346

Samsiyah, N., Sari, A. K., & Sulistyaningrum, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Siswa Kelas I Sdn Bulakrejo Madiun. Premiere Educandum. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.278. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.278

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.

Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17–48.

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1322/982. DOI: https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322

Wisudayanti, K. A. (2019). Peningkatan motorik halus anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.55115/purwadita.v1i2.200.

Downloads

Published

2020-05-25

How to Cite

Safira, I., Widiana, I. W., & Astawan, I. G. (2020). Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 85–94. https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.31302

Issue

Section

Articles