https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/issue/feed Indonesian Journal of Instruction 2025-01-02T09:05:44+00:00 I Gede Wahyu Suwela Antara wahyu.suwela@undiksha.ac.id Open Journal Systems <hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Indonesian Journal of Instruction</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>IJI</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>Indonesian j. of inst.</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"> </td> <td width="80%"><strong>(January, May, September)</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/iji</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">ISSN (Online)</td> <td width="80%"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1596803279" target="_blank" rel="noopener"><strong>2745-8628</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong> <a href="https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57329088500">I Gede Wahyu Suwela Antara</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>FIP - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Indonesian Journal of Instruction </strong>is a scientific journal published by Universitas Pendidikan Ganesha and organized by Institute for Research and Community Service. <strong>Indonesian Journal of Instruction</strong> is specifically publishing high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments. <strong>Indonesian Journal of Instruction</strong> is regularly published three times a year (January, May, and September).</p> <p> </p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/80235 Media Komik Berbasis Pendekatan Karakter untuk Mengurangi Kasus Perundungan di Sekolah Dasar 2024-06-11T02:16:36+00:00 Ni Ketut Desia Tristiantari ketut.desia@undiksha.ac.id Komang Sujendra Diputra komangsujendra.diputra@undiksha.ac.id <p>Bullying menjadi isu yang hangat di Indonesia, terutama di lingkungan sekolah. Fenomena ini menuntut peran aktif sekolah dalam menanggulangi bullying melalui strategi yang inovatif, salah satunya dengan menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku komik berbasis pendekatan karakter yang layak dan praktis digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research &amp; Development dengan model ADDIE yang melibatkan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode nontes melalui angket yang melibatkan siswa dan guru, serta validasi ahli media dan materi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku komik berbasis pendekatan karakter memiliki tingkat kelayakan sebesar 88,67% dengan kriteria “Sangat Layak” berdasarkan validasi ahli. Selain itu, tingkat kepraktisan media ini mencapai 92,62% dengan kriteria “Sangat Praktis” menurut tanggapan siswa dan guru. Hasil ini menegaskan bahwa media buku komik berbasis pendekatan karakter tidak hanya layak tetapi juga sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Media ini berpotensi menjadi sarana edukasi efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying dan membentuk karakter positif.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Ketut Desia Tristiantari, Komang Sujendra Diputra https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/82766 Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan 2024-08-13T02:24:57+00:00 Shovi Wiranata Febriani shoviwf@gmail.com Lutfiah Ayundasari lutfiah.fis@um.ac.id Joko Sayono joko.sayono.fis@um.ac.id Indah Wahyu Puji Utami indahwahyu.p.u@um.ac.id <p>Profil Pelajar Pancasila menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter peserta didik, namun implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah menengah kejuruan masih menghadapi berbagai kendala, terutama dalam aspek kesiapan guru dan perencanaan kegiatan yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di sekolah menengah kejuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila memerlukan kesiapan dalam berbagai aspek, baik dari segi pemahaman maupun penerapan. Kesiapan guru menjadi faktor kunci, karena kekurangan dalam aspek ini dapat menyebabkan pelaksanaan P5 berjalan kurang optimal. Proses perencanaan proyek P5 memerlukan langkah-langkah yang sistematis dan komprehensif untuk menjamin ketercapaian tujuan pembelajaran serta internalisasi nilai-nilai Pancasila. Pelaksanaan P5 menjadi momentum penting dalam pengembangan karakter siswa dan pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila membutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan guru yang memadai untuk memastikan keberhasilan program dalam menciptakan generasi berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Shovi Wiranata Febriani, Lutfiah Ayundasari, Joko Sayono, Indah Wahyu Puji Utami https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/85958 Pengaruh Penggunaan Socrative dalam Penilaian Diagnostik terhadap Efektivitas Pengajaran: Perspektif Guru 2024-10-22T05:14:10+00:00 Ni Luh Putu Ary Jhuniati ary.jhuniati@gmail.com Ni Wayan Sri Puryanti sri.puryanti@student.undiksha.ac.id Ni Putu Yunita Susandi Putri yunita.susandi@student.undiksha.ac.id <p>Pendidik menghadapi tantangan yang semakin besar dalam menerapkan alat penilaian yang efisien dan efektif untuk mendukung pembelajaran siswa di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif guru terkait penggunaan Socrative dalam penilaian diagnostik serta mengevaluasi efektivitas dan kemudahan penggunaannya dalam konteks pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur dari 34 guru yang telah menggunakan Socrative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Socrative sangat efektif dalam mengumpulkan data diagnostik secara cepat dan akurat, memberikan manfaat signifikan dalam efisiensi, kemudahan penggunaan, dan peningkatan partisipasi siswa. Fitur umpan balik real-time memungkinkan guru memberikan penilaian yang dipersonalisasi, yang berdampak positif pada motivasi belajar siswa. Meskipun persepsi keseluruhan sangat positif, beberapa guru mengakui adanya tantangan awal dalam mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini menyarankan bahwa integrasi Socrative dapat memperkuat proses pengajaran melalui penilaian diagnostik yang lebih responsif serta menekankan pentingnya pelatihan lanjutan bagi guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan secara maksimal.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Luh Putu Ary Jhuniati, Ni Wayan Sri Puryanti, Ni Putu Yunita Susandi Putri https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/79559 Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Multimedia Interaktif 2024-06-03T08:25:42+00:00 Ni Made Tia Kamalini tia.kamalini@undiksha.ac.id I Wayan Wiarta wayan.wiarta@undiksha.ac.id <p>Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi mata pelajaran matematika dan kurangnya keterampilan guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan masih rendahnya kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Multimedia Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan rancangan <em>non-ekuivalent control grup design. </em>Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 294 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah <em>cluster random sampling </em>yang memperoleh kelas IV sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model STAD berbantuan multimedia interaktif dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model STAD berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model STAD berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi penelitian ini adalah model <em>Student Teams Achievement Division</em> berbantuan multimedia interaktif dapat membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan tugas sehingga sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Made Tia Kamalini, I Wayan Wiarta, Ni Wayan Suniasih https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/81670 Media Pembelajaran Math Game Land Berbasis Website Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar 2024-07-05T05:10:34+00:00 Luh Putri Risma Wati putri.risma@undiksha.ac.id I Made Suarjana imade.suarjana@undiksha.ac.id Dewa Ayu Puteri Handayani ayu.puteri@undiksha.ac.id <p>Berdasarkan penilaian TIMSS dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan siswa di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu terbatas hingga level 3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah dua ahli media pembelajaran, dua ahli materi pembelajaran, dua praktisi dan dua siswa. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan kuesioner dan instrumen penelitian melibatkan pemberian kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Penelitian ini mengikuti model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dam Evaluation. Berdasarkan hasil uji validitas produk secara keseluruhan, media pembelajaran <em>Math Game Land </em>berbasis website menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru/praktisi, dan siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa media tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah bagi siswa kelas II.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Luh Putri Risma Wati, I Made Suarjana, Dewa Ayu Puteri Handayani https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/85532 The Impact of Indoor and Outdoor Experiential Learning on Academic Achievement in Primary School 2024-10-08T03:24:33+00:00 Erica Wahyu Christian sofyanmustoip@gmail.com Naf’an Tarihoran ericajokson@gmail.com Amalia Sapriati ericajokson@gmail.com <p>The low standard deviation in science scores suggests a considerable number of students with below-average performance, highlighting the need for more effective teaching strategies. This situation calls for a re-evaluation of the methods used in science education. This study aims to evaluate the impact of experiential learning approaches (indoor and outdoor) on the academic achievement of elementary school students, especially on the science learning outcomes of fifth grade students. The method used is quantitative with an experimental design, where two control groups are compared: class VA using outdoor learning and class VB using indoor learning. This study involved a pre-test and a post-test to measure the development of students' science learning outcomes after the learning intervention. The results showed a significant correlation between experiential learning strategies and academic achievement. The data indicated that both male and female students showed better grades when learning using the outdoor approach compared to indoor. In conclusion, although there was no interaction effect between learning strategies and gender, there was a significant difference in academic achievement between students who participated in outdoor learning and those who participated in indoor learning. Outdoor learning has been shown to be more effective in improving science learning outcomes than indoor learning.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Erica Wahyu Christian, Naf’an Tarihoran, Amalia Sapriati https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/79535 E-LKPD Interaktif Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Jajanan Pasar 2024-06-03T08:20:15+00:00 Putu Risma Pradnyandari risma.pradnyandari@undiksha.ac.id I Gusti Agung Ayu Wulandari ayu.wulandari@undiksha.ac.id <p>Pembelajaran matematika diaggap sulit oleh beberapa siswa, hal ini karena konsep matematika yang abstrak. Maka dari itu dalam pembelajaran matematika diperlukan bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan E-LKPD interaktif. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan media ini adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yakni ahli materi, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran yakni siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dan instrumenn yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi dan test hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis data deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis data statistik inferensial. Hasil uji efektivitas menyatakan h1 diterima dan h0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif pada materi bangun datar kelas 4 SD berbasis etnomatematika jajanan pasar yang dikembangkan layak dan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran. E-LKPD interaktif pada materi bangun datar kelas 4 Sekolah Dasar berbasis etnomatematika jajanan pasar efektif dan layak digunakan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini yakni guru memiliki pilihan sumber belajar yang menarik dan bervariasi sambil turut serta memperkenalkan budaya sekitar siswa sehingga terciptanya pengalaman belajar yang menyenangkan dan dapat digunakan sebagai alat penunjang proses pembelajaran.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Putu Risma Pradnyandari, I Gusti Agung Ayu Wulandari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/80281 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantuan Media E-Komik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD 2024-06-13T13:21:38+00:00 Lisna Yuniandari lisna.yuniandari@undiksha.ac.id Maria Goreti Rini Kristiantari mariagoretirini.kristiantari@undiksha.ac.id <p>Keterampilan berbicara harus dapat dikuasai dengan baik oleh siswa, terutama sejak usia sekolah dasar. Akan tetapi pada saat ini keterampilan berbicara yang diperoleh oleh siswa dari beberapa mata pelajaran masih belum maksimal, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>role playing </em>berbantuan media e-komik terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam rancangan eksperimen semu menggunakan rancangan <em>Quasi Experimental Desain</em>. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 202 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 5 sekolah. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik <em>sample random sampling.</em> Didapatkan kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan pada kelas kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengumpulan data keterampilan berbicara menggunakan metode non tes berupa observasi berstruktur dengan instrument rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa t-<sub>hitung</sub>&gt;t-<sub>tabel</sub>, sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>role playing </em>berbantuan media e-komik dengan kelompok siswa dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe <em>role playing </em>berbantuan media e-komik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Lisna Yuniandari, Maria Goreti Rini Kristiantari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/84407 Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus Terhadap Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan 2024-08-21T15:05:46+00:00 Ni Wayan Eka Widiastini eka.widiastini@undiksha.ac.id Gusti Ngurah Sastra Agustika gn.sastra.a@undiksha.ac.id <p>Pembelajaran PKn atau Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu pembelajaran yang membahas mengenai nilai serta sikap dalam menjalankan perilaku dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar Pengembangan Pembelajaran PKn mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini calon guru sekolah dasar yang berjumlah 178 mahasiswa yang tersebar secara merata di 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik group random sampling. Objek penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn yang telah diberikan eksperimen berupa pembelajaran berbasis kasus. Hasil belajar diukur dengan instrument tes. Tes uraian ini akan terdiri dari 10 uraian terbuka dengan tingkat kognitif dari C4-C6. Tes akan diambil dari materi konsep, nilai, moral dan norma dalam materi PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang belajar berbasis kasus dengan mahasiswa yang belajar tanpa berbasis kasus. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kasus dapat membantu mahasiswa memperoleh hasil belajar yang lebih bermakna dan bermanfaat untuk memahami pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.</p> 2024-08-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Wayan Eka Widiastini, Gusti Ngurah Sastra Agustika https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/79701 Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Sekolah Dasar 2024-06-05T04:46:42+00:00 Dhefi Laksmita Maharany dhefi@undiksha.ac.id Ni Wayan Suniasih niwayan.suniasih@undiksha.ac.id <p>Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi mata pelajaran IPAS dan kurangnya keterampilan guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan masih rendahnya kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian <em>quasi experiment</em> dengan desain <em>non-equivalent control group design</em>. Populasi penelitian ini sebanyak 294 seluruh siswa sekolah dasar. Sampel diambil dengan teknik <em>cluster random sampling</em>. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t<sub>hitung</sub> lebih besar daripada t<sub>tabel </sub>(35,78 &gt; 1,67) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan media audio visual dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan media audio visual. Dapat disimpulkan bahwa model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dhefi Laksmita Maharany, Ni Wayan Suniasih https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/81932 Inclusive Education: Survey on Teachers' Perception of Its Implementation 2024-07-19T04:31:28+00:00 Ni Nyoman Padmadewi nym.padmadewi@undiksha.ac.id I Made Sukma Adisetiawan Sukadana sukmaadisetiawan@gmail.com Luh Putu Artini putu.artini@undiksha.ac.id I Ketut Trika Adi Ana adi.ana@undiksha.ac.id Kadek Yogi Parta Lesmana yogi.parta@undiksha.ac.id Ketut Susiani ketut.susiani@undiksha.ac.id <p>Inclusive education is still something new in Indonesia's education system. Teachers have an essential role in the learning process, and teachers' perceptions of inclusive classes influence the quality of inclusive class implementation. For this reason, this research aims to analyse teachers' perceptions of implementing inclusive classes. This research was carried out using a survey method involving 285 teachers in Indonesia as respondents. The data in this study was collected using a questionnaire consisting of several closed and several open questions. The collected data was then analyzed quantitatively and qualitatively. Based on the quantitative data, this research found that teachers in Indonesia have positive perceptions of implementing inclusive classes. However, from the qualitative data, it was found that they still feel they need more knowledge to implement quality inclusive classes. Additionally, training regarding implementing inclusive classes is still very limited, so it has yet to make teachers feel confident in implementing inclusive classes. Thus, this study concludes that teachers in Indonesia positively perceive implementing inclusive classes but cannot implement them optimally. So, support from the government, especially the Ministry of Education, Culture, Research and Technology, to facilitate education and training in implementing inclusive classes for teachers is necessary to realize inclusive classes and quality inclusive education.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Nyoman Padmadewi, I Made Sukma Adisetiawan Sukadana, Luh Putu Artini, I Ketut Trika Adi Ana, Kadek Yogi Parta Lesmana, Ketut Susiani https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/85738 Metode Studi Kasus Berbasis Animasi Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Muatan Segi Empat Kelas IV Sekolah Dasar 2024-10-15T04:27:18+00:00 Kadek Dwi Prawira Utama dwi.prawira@undiksha.ac.id I Kadek Suartama ik-suartama@undiksha.ac.id Gede Wira Bayu wira.bayu@undiksha.ac.id <p>Permasalahn yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar yakni kurangnya penggunaan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode studi kasus berbasis animasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika materi segi empat di antara kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu <em>(quasi eksperiment)</em> dengan menggunakan desain <em>Pretest-Postest Control Group</em>. Kelas IV dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara yang di peroleh dengan teknik <em>random class sampling</em> dengan undian. Pengumpulan data menggunakan tes objektif piliha gada sebayak 20 soal yang sudah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan <em>uji-t (Independent Sampling).</em> Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kompetensi pengetahuan Matematika antara kedua kelompok, dengan thitung sebesar 4,420 melebihi ttabel sebesar 2,00 (t-hitung &gt; t-tabel). Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai referensi tambahan bagi penelitian serupa di masa mendatang.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kadek Dwi Prawira Utama, I Kadek Suartama, Gede Wira Bayu https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/79558 Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Kompetensi Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas V 2024-06-03T08:23:36+00:00 Putu Heta Maja Pratiwi heta@undiksha.ac.id I Wayan Sujana iwayan.sujana@undiksha.ac.id Ida Bagus Gede Surya Abadi idabagusgedesurya.abadi@undiksha.ac.id <p>Menurunnya kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi persoalan yang harus segera diatasi di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media <em>Pop-Up Book </em>terhadap kompetensi keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan <em>non- equivalent control grup design</em>. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 277 siswa yang terdiri dari 11 kelas dari 5 sekolah. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em>. Oleh karena itu, didapatkan jumlah siswa 24 orang sebgai kelas eksperimen dan 23 orang adalah kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa tes essay yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan berdasarkan nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen yaitu 80,417 lebih tinggi dari nilai rata-rata kontrol yaitu 70,217. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh t-hitung = 4,519 dan t-tabel = 2,014 untuk dk = n1+n2-2 = 45 dengan taraf signifikansi 5%, karena t-hitung &gt; t-tabel, H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Saintifik berbantuan media pop-up book berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V SD.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Putu Heta Maja Pratiwi, I Wayan Sujana, Ida Bagus Gede Surya Abadi https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/81572 Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD 2024-07-05T05:09:05+00:00 Desak Gede Hari Gopi Chandan harigopichandan860@gmail.com I Ketut Gading iketutgading@undiksha.ac.id I Gusti Ayu Tri Agustiana igustiayutri.agustiana@undiksha.ac.id <p>Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar masih rendah, ini dikarenakan pembelajaran IPA masih disajikan secara abstrak. Terlebih lagi guru kurang menarik dalam mengemas model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Serta dalam penerepan pembelajaran di sekolah masih dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Metode penelitian ini berupa kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (<em>Quasi Eksperimen) </em>berdesain <em>Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design</em>. Populasi kajian berjumlah 76 siswa, dengan penentuan sampel dengan teknik <em> Intac Group Random Sampling</em>. Data yang dikumpulkan dengan metode tes berbentuk uraian, masing-masing instrumen berujmlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (Uji-t dan Manova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh X pada Y<sub>1 </sub> dengan nilai t<sub>hitung </sub> untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 16,100 &gt; t<sub>tabel</sub> 1,666 dan pada Y<sub>2</sub> dengan nilai t<sub>hitung </sub> untuk hasil belajar IPA sebesar 14,278 &gt; t<sub>tabel</sub> 1,666. Selain itu, dilihat dari analisis uji Manova nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka simpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Desak Gede Hari Gopi Chandan, I Ketut Gading, I Gusti Ayu Tri Agustiana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/85035 Digital Modul Berpendekatan Project Based Learning Muatan IPAS Materi Indonesia Kaya Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 2024-10-04T16:47:01+00:00 Dezan Pratama Ginting dezan@undiksha.ac.id I Nyoman Jampel jampel@undiksha.ac.id Alexander Hamonangan Simamora alexander.simamora@undiksha.ac.id <p>Perkembangan teknologi yang pesat telah mendorong tergantinya teknologi cetak dengan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Terbatasnya penggunaan bahan ajar pada satuan pendidikan membuat guru masih cenderung menggunakan bahan ajar konvensional hanya terbatas pada buku teks namun minat baca siswa sudah tinggi, hal ini menuntut adanya pengembangan baru dalam memfasilitasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul dengan pendekatan Project Based Learning pada materi Indonesia Kaya Budaya pada mata pelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang telah teruji desain, kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul dengan pendekatan project-based learning dinyatakan layak berdasarkan hasil telaah oleh ahli isi pembelajaran, ahli media, ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan t hitung sebesar 14,976 untuk db = 60 dan taraf signifikansi 5% t tabel = 2,003 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul dengan pendekatan Project Based Learning layak dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.</p> 2025-01-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dezan Pratama Ginting, I Nyoman Jampel, Alexander Hamonangan Simamora