Dampak Positif Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.44515Kata Kunci:
hasil belajar IPA, somatic auditory visualization intellectualy, peta pikiranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian berjumlah 126 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang diambil dengan cara undian. Masing-masing kelas IV di tiap sekolah dasar diberi nomor urut. Dari lima sekolah dasar, dilakukan satu kali pengundian untuk menentukan partisipan. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik inferensial (Uji T Bruning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD didapat nilai t sebesar 16.968 (nilai signifikansi= 0.000). Berdasarakan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai saran untuk siswa, guru, kepala sekolah, hingga peneliti lain terutama yang berkaitan dengan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Melalui model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk melibatkan semua indera yang dimilikinya dan meningkatkan kemampuan otak kanan dan kiri siswa.
Referensi
Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, IX(1), 37–47.
Atmaja, M., Dony Merta, Arini, N. W., & Riastini, Nanci, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Nilai Karaker Pkn Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2).
Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269–279. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26615
Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359–368. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895
Dewi, A. T. Yulanita Rara, & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 40–49.
Dewi, Ayu Triyana Yulanita Rara, & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 316. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372
Dewi, M. R. S., Murda, I. N., & Pudjawan, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI ( Somatic , Auditori , Visual dan Intektual ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. 7(1), 22–28.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667
Gading, I K., W. Suja, I K. Sudarma, D. G. H. Divayana, I. W. W. (2018). Buku ajar Belajar dan pembelajaran (P. Wayan Arta Suyasa (ed.); pertama). Undiksha Press.
Hendrawan, G., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar IPS di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(2), 20–30.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32.
Indah Perawansa, F., Minarni, A., & Surya, E. (2019). Developing Learning Devices Based on GeoGebra Assisted Discovery Learning with SAVI Approach to Improve Motivation and Mathematical Communication of Senior High School Students MTs Aisyiyah. American Journal of Educational Research, 7(12), 893–900. https://doi.org/10.12691/education-7-12-1. DOI: https://doi.org/10.12691/education-7-12-1
Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404
Krisdiyanti, D., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Integrated Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2).
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 01(02), 57–64. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Lawe, Y. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(1), 26. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803
Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengembangkan Keterampilan 4c Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(2). DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601
Mahendra, I Wayan Rati, N. W., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Permainan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
Murti, E. D., Nasir, N., & Negara, H. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072
Puspitasari, E., Budiman, M. A., & Agustini, F. (2017). Pengaruh Model Savi S Omatic Auditory Visual Intelectual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd N Pandean Lamper 05 Semarang dalam memilih model mengajar yang mampu membawa siswa pada situasi yang 05 Semarang khususnya untuk kelas V , bahwa siswa kur. Seminar Universitas PGRI Semarang, 761–772.
Sari, K. W. M., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. International Journal of Elementary Education., 2(3), 246–254. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15964
Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16397
Sulaksana, Y. T., I G. Margunayasa, I. M. C. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2545. DOI: https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2545
Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068
Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295. https://doi.org/10.23887/Jear.V2i4.16319. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16319
Suwandi, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16399
Tiballa, M. D. S., D. N. Sudana, I. K. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773
Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. 2(2), 139–151. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178
Wibowo, N. (2017). an Application of Mind Mapping Teaching Model To Enhance Natural Science Learning Achievement in the Fifth Graders in the First Semester At Sd N 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, 1(22), 250–254. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12965
Wijayanti, N. W. N., Gading, I. K., & Parmiti, D. P. (2018). Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2891. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2891
Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA Analysis Of Capability Profile Of Critical Thinking Of PGSD Students With Graded Response On Science Learning. Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 25–32. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1402
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Salamah, I Ketut Gading, Gede Wira Bayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)