Model Storytelling Berbantuan Media Powerpoint dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i1.53679Kata Kunci:
Model Storytelling, Media Powerpoint, Keterampilan menyimakAbstrak
Masih banyak siswa yang belum memahami betul materi pembelajaran yang dijelaskan oleh guru terutama materi Bahasa Indonesia, karena kurangnya ketrampilan menyimak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model storytelling berbantuan media powerpoint terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 2 sekolah dengan jumlah 33 yang telah dinyatakan setara terpilih 2 sekolah, untuk sampel penelitian dengan teknik random sampling. Kelompok eksperimen dengan jumlah 19 siswa, sedangkan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 14 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument test keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan pengujian hipotesis (uji-t) melalui program SPSS 25.0 for windows. Hasil dari penyajian data dan uji prasyarat menunjukkan perbedaan yang besar terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000. Hal ini berarti nilai signifikansi < 0.05, berarti H0 ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh model storytelling berbantuan media powerpoint terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V. Implikasi penelitian ini diharapkan melalui penerapan model bercerita keterampilan menyimak siswa dapat meningkat.
Referensi
Ahmadi, R., & Mohamadi, Z. (2017). The Effect of Storytelling through Puppets on Speaking Fluency and Motivation of pre- intermediate Iranian English as Foreign language learners. Teaching English Language Studies, 5(4), 65–102.
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Bagus, R. (2017). Kesulitan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung). LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 41. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.277. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.277
Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882
Delvia, R., Taufina, T., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Dewi, N. P. D. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B1 TK Tunas Daud Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18761. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18762
Dewi, R., Wahyuningsih, S., & Nurjanah, N. E. (2019). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 352. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302–315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
Ernawati, N. L. S., & Rasna, I. W. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 103–112.
Gunawan, D., Mustofa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(2), 2979–2993. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2541. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2541
Isik, M. A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature, 6(1), 115. https://doi.org/10.26417/ejls.v6i1.p115-118. DOI: https://doi.org/10.26417/ejls.v6i1.p115-118
Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260.
Maruti, E. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dan Membaca Berbasis Multimedia Interaktif Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 49–58. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.324. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.324
Mustika Sari, I. T., Toha, H., & Nurani, Y. (2018). Improving Early Childhood Prosocial Behavior through Activity Storytelling with Puppets. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75
Nurmiati, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di TK. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(1), 27–32. https://doi.org/10.31934/eceij.v1i1.156. DOI: https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4675
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134 – 2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Riwayati Zein, Z., & Vivi Puspita, P. (2021). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581
Rizal, M., Suyono, S., & Harsiati, T. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Metasintesis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1827–1836. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15153. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15153
Rohayati, E. (2018). Pengembangan Bahasa Ibu (Bahasa Sunda) Yang Berkarakter Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10337. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10337
SisteIswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Tech, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172
Suartawan, I. D. G., Wibawa, I. M. C., & Dibia, I. K. (2021). Pembelajaran Daring Topik Organ Pencernaan Manusia Dengan Media Powerpoint Interaktif. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 432–441. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40001. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40001
Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197–1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nanda Wulwidyasari, I Gede Margunayasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)