MODEL PENGUKURAN TINGKAT KEPERCAYAAN PELANGGAN (ONLINE TRUST) TERHADAP SITUS E-COMMERCE (Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di Provinsi Bali)

Authors

  • I Made Endra Wiartika Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i3.12939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengukuran tingkat kepercayaan pelanggan terhadap situs e-commerce. Langkah awal yang dilakukan yaitu identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pelanggan melalui studi literatur dan studi empirik untuk menentukan model analisis terhadap kepuasan pelanggan. Faktor yang mempengaruhi kepercayaan pelanggan untuk bertransaksi secara online yaitu pengetahuan konsumen terhadap e-commerce, reputasi penjual, resiko dalam transaksi, kemudahan penggunaan e-commerce, jaminan sistem, sikap/perilaku terhadap sistem dan sistem keamanan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Provinsi Bali menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling dengan kriteria responden pernah berkunjung dan melakukan transaksi di e-commerce yang ada di Indonesia lebih dari 3 kali. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan data interval berskala 5 Likert. Instrumen terlebih dahulu diuji validitas isi dengan metode Robert Gregory, validitas empiris menggunakan rumus product moment, reliabilitas instrument menggunakan Cronbach’s Alpha, dan menghasilkan 59 pernyataan yang dapat digunakan untuk pengambilan data. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 126 responden. Teknik analisis data, pengujian hipotesis dan pengujian model menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan aplikasi SPSS AMOS 21. Hasil penelitian ini melalui pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengetahuan tentang situs e-commerce dan perlindungan keamanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Resiko, kemudahan e-commerce, jaminan sistem dan sistem keamanan bukan menjadi sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan karena pengaruhnya tidak signifikan. Reputasi yang dirasakan dan sikap merupakan hal yang perlu diperhatikan dan paling berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan pelanggan. Hasil penelitian ini kemudian diuji menggunakan goodness of fit index dan menghasilkan bahwa model penelitian tersebut dapat diterima dan dapat digunakan untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk bertransaksi online

References

Morgan dan Hunt. 2006. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”. Journal of Marketing.

Ba dan Pavlou. 2002. “Evidence of the effect of trust building technology in electronic markets: price premiums and buyer behavior”. Society for Information Management and The Management Information Systems Research Center Minneapolis, MN, USA.

Li, Rong et.al. 2007. “The Effects Of Internet Shoppers' Trust On Their Purchasing Intention In China. JISTEM J.Inf.Syst.Technol.Management (Online)”

Jarvenpaa & Tractinsky, 1999. “Consumer Trust in an Internet Store: A Cross-Cultural Validation”. Journal of Computer-Mediated Communication.

Fika, Ainun. 2015. “Pengaruh Keamanan, Kemudahan, dan Risiko Kinerja terhadap Keputusan Pembelian secara Online si Tokopedia.com.

Suhir, Imam Suyadi, dan Riyadi. Moch. 2014. “Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan, dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online”. Malang: Universitas Brawijaya.

Corbit, B. J., Thanasankit, T., dan Yi, H. 2003. “Trust and E-commerce: a Study of ConsumerPerceptions,Electronic Commerce Research and Application”.

Yamin, S dan Kurniawan, H, 2009. “Structural Equation Modeling Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner dengan Lisrel-PLS”. Jakarta : Penerbit Salemba Infotek.

Downloads

Published

2018-01-05

How to Cite

Putra, I. M. E. W., Dantes, G. R., & Candiasa, I. M. (2018). MODEL PENGUKURAN TINGKAT KEPERCAYAAN PELANGGAN (ONLINE TRUST) TERHADAP SITUS E-COMMERCE (Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di Provinsi Bali). International Journal of Natural Science and Engineering, 1(3), 100–109. https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i3.12939

Issue

Section

Articles