Perancangan Media Sosialisasi Sistem Informasi Akademik Satya Wacana Berbasis Video Infografis
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i2.14024Abstract
Kurangnya media sosialisasi yang komunikatif dan dinamis, yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi akademik satya wacana (SIASAT), sehingga mahasiswa kesulitan dalam mendapatkan informasi dengan cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media sosialisasi sistem informasi akademik satya wacana berbasis video infografis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian ini menggunakan strategi linear yang meliputi empat tahapan yaitu pengumpulan data, analisis data, perancangan media, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian adalah pada tahap pengujian didapatkan bahwa video infografis sosialisasi SIASAT memiliki komponen konten cukup lengkap dan alurnya cukup jelas. Desain dan pewarnaan tiap komponen sudah baik dan menarik. Selain itu penggunaan audio untuk backsound sudah tepat sehingga mendukung pengisi suara menjadi cukup jelas dan enak didengar. Pengujian kepada mahasiswa diperoleh hasil bahwa video infografis sosialisasi SIASAT mudah dimengerti dan bermanfaat sehingga mahasiswa lebih paham dalam menggunakan SIASAT, serta pengunaan ilustrasi dan pengisi suara tidak membosankan untuk dinikmati sampai video selesai ditayangkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sosialisasi sistem informasi akademik satya wacana berbasis video infografis layak dan dapat digunakan untuk menyampaikan informasi akademik satya wacana (SIASAT).
References
Al-Kariimah, & Rosiana. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi. Prosiding Psikologi, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6002
Anwar, & Nurkidam. (2018). Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.631 DOI: https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.631
Arifuddin, Suwatra, & Mahadewi. (2020). Pengembangan Konten E-learning Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28942 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28942
Arimbawa, Agustini, & Santyadiputra. (2018). Pengembangan Sop Berbasis Infografis Jenis-Jenis Penelitian Untuk Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.12288 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.12288
Arsyad, A. (2014). MediaPembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017 DOI: https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017
Cahyadi, Budiardjo, & Dewanto. (2016). Perancangan Iklan Kampanye Trunk And Feeder Melalui Infografis Sebagai Upaya Pengenalan Transportasi Baru Di Kota Surabaya. Jurnal Art Nouveau, 5(1).
Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prena Media Group.
Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Dwipayana, I. K. (2013). Kemampuan Siswa Dalam Pelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Edutech Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i1.360
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Hadi, I. A. (2017). Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektifitas Pendidikan. INSPIRASI: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1). Retrieved from https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/5
Idrus, A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Layanan Administrasi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Di SMA Negeri Kota Jambi. Tekno-Pedagogi, 4(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/2290
Iflah, & Listyasari. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. JPPP: Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPPP.021.05 DOI: https://doi.org/10.21009/JPPP.021.05
Indrayani, E. (2011). Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1). Retrieved from http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/437/pengelolaan-sistem-informasi-akademik--perguruan-tinggi-berbasis-teknologi--informasi--dan-komunikasi--tik-.html DOI: https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i1.44
Iskandar, & Tumimomor. (2017). Perancangan Media Sosialisasi Tanggap Bencana Kabupaten Semarang Berbasis Animasi 2D. FSD UNM, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tanra.v4i2.4386. FSD UNM
Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20374
Lankow, Ritchie, & Crooks, R. (2014). Infografis: Kedahsyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahadewi, D. (2012). Buku Ajar: Media Video Pembelajaran (E-Book). Singaraja: Undiksha.
Massi. (2018). Efektifitas Pemberian Edukasi Dengan Metode Video dan Focus Group Discussion (Fgd) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Dm Tipe 2 Di Klinikdiabetes Kimia Farma Husada Manado. Journal Keperawatan (e-Kep), 6(1), 1–6.
Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pratista, H. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Sarwono, J. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28928 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Suhardi, Sunarti, S. (2009). Sosiologi 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suyanto, M. A. K. (2006). Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi Offset.
Syaripul, & Bachtiar. (2016). Visualisasi Data Interaktif Data Terbuka Pemerintah Provinsi Dki Jakarta: Topik Ekonomi Dan Keuangan Daerah. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21609/jsi.v12i2.481 DOI: https://doi.org/10.21609/jsi.v12i2.481
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 158–166. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21262/13262 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Tufte, E. R. (1990). Envisioning Information. Cheshire: Graphics Press.
Wicandra, O. B. (2001). Memahami Wacana Infografis: Sebuah Kajian Semiotik dengan Kasus Infografis pada Seksi Deteksi Harian Jawa Pos Edisi Bulan Februari–Bulan Oktober. Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.
Widagdo, M. B., & Gora, W. (2007). Bikin Film Indie Itu Mudah. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198
Yuliani, Antara, & Magta. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 5(1), 96–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11309.
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436