Hubungan Faktor Bimbingan Praktik terhadap Pencapaian Kompetensi Keterampilan Asuhan Kehamilan pada Praktek Klinik

Authors

  • Ria Tri Harini Prodi D 3 Kebidanan, Undiksha, Bali
  • Dwi Rusiawati Prodi D 3 Kebidanan, Undiksha, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan hubungan faktor bimbingan praktek terhadap pencapaian kompetensi keterampilan asuhan kehamilan pada mahasiswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto, dengan metode analisis regresi. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Prodi D 3 Kebidanan Undiksha berjumlah 80 orang. Penelitian ini melibatkan variabel bebas yaitu Bimbingan Praktek (X), dan variabel terikat yaitu Pencapaian Kompetensi Keterampilan (Y). Alat ukur variabel bebas adalah kuisioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh : Freg = 18,391 > Ftab = 3,96 (α = 0,05) adalah signifikan dan linier, rhit = 0,386 > rtab = 0,220 (α = 0,05) adalah signifikan, kontribusi = 22,0 % dan SE = 7,50 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara faktor bimbingan praktek dengan pencapaian kompetensi keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa Prodi D 3 Kebidanan Undiksha.Bertolak dari hasil penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa meskipun pencapaian kompetensi keterampilan mahasiswa sudah baik namun perlu dilakukan peningkatan secara kontinyu, dengan jalan melengkapi sarana dan peralatan, serta  meningkatkan proses pembelajaran praktik

References

Alit, Ni Ketut. Praktek Belajar Klinik. Modul pembelajaran yang tidak dipublikasikan. PSIK – FK Unair Surabaya. 2001

Azwar Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta : Binarupa Aksara. 1996

Cochran, WG. Sampling Techniques. New Delhi : Eastern Private Limited. 1974

Cohen, L. Educational Research in Classroom and Schools : a Manual of Materials and Method. London : Harver & Row Publisher. 1978

Depkes RI. Kurikulum Pendidikan Diploma III D 3 Kebidanan Bagi Lulusan Bidan. Jakarta. Depkes RI. 2002

Djamariah, Syaiful Bahri dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2002

Grant, A.B dan Massey, VH. Nursing Leadership, Management and Research. Pennsylvania : Springhouse. 1999

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2003

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2005

Hamzah B. Uno, et.al. Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian. Jakarta : Dilema Press. 2001

Hamzah B. Uno, et.al. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2007

.http://wangmuba.com/2009/03/07/aspek-aspekkonsepdiri Diakses tanggal 18/07/2009. Psikologi Kepribadian

Hurlock, Elizabeth B. Child Development. Sixth Edition. Penerjemah : Meitasari Tjandra. Jakarta : Erlangga. 1978

Joni, T. Raka. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. P3G. 1980

Kartini Kartono. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2004

Komariah, Aan dan Cepi Triatna. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2006

Koyan, I Wayan. Statistika Terapan (Tehnik Analisis Data Kuantitatif) Buku Ajar. Prodi PEP Program Pascasarjana Undiksha. Undiksha. 2007

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2004

McClelland,D.C., Atkinson, J.W., Clark, R.A., and Lowell, E.L. The Achievement Motive. New York : Irvington Publishers Inc. 1976

Menkes RI. SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 900/Menkes/SK/VII/2002 Tentang Registrasi dan Praktek Bidan. Jakarta : Depkes RI. 2002

Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung. Bina Aksara. 1989

Notoatmodjo Soekidjo. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta. 2007

Nursalam.. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Medika. 2002

Prawirorahardjo,S. Buku Acuan Nasional : Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta. Yayasan Bina Pustaka. 2002

Pusat Pengembangan Keperawatan Carolus (PPKC)/Publik. Asuhan D 3 Kebidanan dalam Proses Manajemen D 3 Kebidanan. Jakarta. Pelatihan Manajemen Asuhan D 3 Kebidanan. Tidak dipublikasikan. 2002

Pusdiknakes Depkes RI. Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Depkes. 2005

Saiful, Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2002

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana, Prenada Media Group. 2005

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana. 2007

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta. 2007

Suliswati, dkk. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2005.

Varney, H., Kriebs, J.M., & Gegir, C.L.. Buku Saku Bidan. Jakarta. EGC. 2002

Downloads

Published

2019-03-19

How to Cite

Harini, R. T., & Rusiawati, D. (2019). Hubungan Faktor Bimbingan Praktik terhadap Pencapaian Kompetensi Keterampilan Asuhan Kehamilan pada Praktek Klinik. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17148

Issue

Section

Articles