Hubungan Faktor Bimbingan Praktik terhadap Pencapaian Kompetensi Keterampilan Asuhan Kehamilan pada Praktek Klinik
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17148Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan hubungan faktor bimbingan praktek terhadap pencapaian kompetensi keterampilan asuhan kehamilan pada mahasiswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto, dengan metode analisis regresi. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Prodi D 3 Kebidanan Undiksha berjumlah 80 orang. Penelitian ini melibatkan variabel bebas yaitu Bimbingan Praktek (X), dan variabel terikat yaitu Pencapaian Kompetensi Keterampilan (Y). Alat ukur variabel bebas adalah kuisioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh : Freg = 18,391 > Ftab = 3,96 (α = 0,05) adalah signifikan dan linier, rhit = 0,386 > rtab = 0,220 (α = 0,05) adalah signifikan, kontribusi = 22,0 % dan SE = 7,50 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara faktor bimbingan praktek dengan pencapaian kompetensi keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa Prodi D 3 Kebidanan Undiksha.Bertolak dari hasil penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa meskipun pencapaian kompetensi keterampilan mahasiswa sudah baik namun perlu dilakukan peningkatan secara kontinyu, dengan jalan melengkapi sarana dan peralatan, serta meningkatkan proses pembelajaran praktikReferences
Alit, Ni Ketut. Praktek Belajar Klinik. Modul pembelajaran yang tidak dipublikasikan. PSIK – FK Unair Surabaya. 2001
Azwar Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta : Binarupa Aksara. 1996
Cochran, WG. Sampling Techniques. New Delhi : Eastern Private Limited. 1974
Cohen, L. Educational Research in Classroom and Schools : a Manual of Materials and Method. London : Harver & Row Publisher. 1978
Depkes RI. Kurikulum Pendidikan Diploma III D 3 Kebidanan Bagi Lulusan Bidan. Jakarta. Depkes RI. 2002
Djamariah, Syaiful Bahri dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2002
Grant, A.B dan Massey, VH. Nursing Leadership, Management and Research. Pennsylvania : Springhouse. 1999
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2003
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2005
Hamzah B. Uno, et.al. Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian. Jakarta : Dilema Press. 2001
Hamzah B. Uno, et.al. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2007
.http://wangmuba.com/2009/03/07/aspek-aspekkonsepdiri Diakses tanggal 18/07/2009. Psikologi Kepribadian
Hurlock, Elizabeth B. Child Development. Sixth Edition. Penerjemah : Meitasari Tjandra. Jakarta : Erlangga. 1978
Joni, T. Raka. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. P3G. 1980
Kartini Kartono. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2004
Komariah, Aan dan Cepi Triatna. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2006
Koyan, I Wayan. Statistika Terapan (Tehnik Analisis Data Kuantitatif) Buku Ajar. Prodi PEP Program Pascasarjana Undiksha. Undiksha. 2007
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2004
McClelland,D.C., Atkinson, J.W., Clark, R.A., and Lowell, E.L. The Achievement Motive. New York : Irvington Publishers Inc. 1976
Menkes RI. SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 900/Menkes/SK/VII/2002 Tentang Registrasi dan Praktek Bidan. Jakarta : Depkes RI. 2002
Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung. Bina Aksara. 1989
Notoatmodjo Soekidjo. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta. 2007
Nursalam.. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Medika. 2002
Prawirorahardjo,S. Buku Acuan Nasional : Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta. Yayasan Bina Pustaka. 2002
Pusat Pengembangan Keperawatan Carolus (PPKC)/Publik. Asuhan D 3 Kebidanan dalam Proses Manajemen D 3 Kebidanan. Jakarta. Pelatihan Manajemen Asuhan D 3 Kebidanan. Tidak dipublikasikan. 2002
Pusdiknakes Depkes RI. Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Depkes. 2005
Saiful, Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2002
Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana, Prenada Media Group. 2005
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana. 2007
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta. 2007
Suliswati, dkk. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2005.
Varney, H., Kriebs, J.M., & Gegir, C.L.. Buku Saku Bidan. Jakarta. EGC. 2002