Kecerdasan Adversitas sebagai Salah Satu Faktor Penentu dalam Mengoptimalkan Pencapaian Target Kompetensi Asuhan Kebidanan

Authors

  • Made Juliani Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas dengan pencapaian target kompetensi asuhan kebidanan pada mahasiswa semester VI Jurusan Kebidanan Fakultas Olahraga dan Kesehatan  dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI sebanyak 82 orang, sampel diambil sebanyak 82 orang.  Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis regresi liner sederhana. Hasil penelitiannya adalah : (1) Kecerdasan Adversitas  pada mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi, (2) pencapaian target kompetensi asuhan kebidanan berada pada kategori sangat baik, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan adversitas denagn pencapaian target kompetensi asuhan kebidanan

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu PendekatanPraktik Cetakan. 15. Jakarta : Rineka Cipta.

Asweni, Resti Khairani. 2013. Korelasi Antara Konsep Diri Sosial Dengan Hubungan Sosial. Jurnal Ilmiah Konseling. Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP.

Badan PPSDM. 2013. Pedoman Kurikulum DIII Kebidanan. Jakarta.

Depkes RI. 2012. Kurikulum Pendidikan D-III kebidanan. Jakarta.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Kperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan.

Hsil Penelitian. Cetakan 1. Jakarta : CV. Trans Info Medika.

Hidayat. 2011. Metode penelitian keperawatan dan teknik analisa data. Jakarta :Salemba Medika.

Irawati, Nany dan Nurama Hajat. 2012.Hubungan antara konsep diri (Self Esteem) Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 di Jakarta44 Timur. Jurnal. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta. DOI: https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04

Kepmenkes No. 369/ III/ 2007 Tentang Standar Kompetensi Bidan Indonesia. Jakarta.

Kerlinger, Fred N. 1990. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Terjemahan Landung R.Simatupang. Foundation of Behavioral Research. 1973. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Koyan,W.2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Buku Ajar Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2004.Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mitchell, D. (2004). Stress, coping, and appraisal: A test of the goodnes-of-fit hypothesis. Ohio: Ohio University Press.

Nazir,M.2009. Metode Penelitian. Cetakan Ketujuh. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Pusdiknakes. 2004. Petunjuk Teknis Ujian Tahap. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Pusdiknakes. 2005. Pedoman penilaian pencapaian kompetensi pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Redjeki, Sri. 2013. Membangun Konsep Diri Positif Pada Anak. Jurnal. Semarang : FIP IKIP Veteran Semarang.

Rola, Fasti. 2006. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja. Skripsi. Program Studi Psikologi: Universitas Sumatera Utara.

Safaria. 2004. Tes Kepribadian. Yogyakarta:Amara Books .

Sarwono, Sarlito W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. DOI: https://doi.org/10.24854/jpu12012-6

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta.

Soemanto, W. 2012. Psikologi Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suliswati, S.Kep, M. Kes. 2005. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Cet 1. Jakarta : EGC

Sulastri, Susi Sri. 2012. Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal.Yogakarta : Universitas Negeri Yogyarta.

Sumardiono, Hendrik Dwi. 2013. Pengaruh Kesiapan Untuk Berubah Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi

Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient, mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta: Grasindo.

Sumiati, Eis. 2012. Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Idenitas Diri Remaja Pada Siswa SMA Kartika Medan. Jurnal. Medan : Universitas Sumatera Utara

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Suroso dan Herlan Praktikto. 2012. Kemetangan Emosi, Konsep Diri, dan Kenakalan Remaja. Jurnal. Surabaya : Universitas 17 Agustus 1945

Stoltz, Paul G (2002). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, Jakarta : PT Grasindo.

Stuart, G. W. 2007. Buku Saku Keperawatan Jiwa . Edisi 5. Jakarta. EGC.

Sobur. 2006. Psikologi umum. Bandung : Pustaka Setia.

Syah. M. 2009. Psikologi belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel. 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia

Downloads

Published

2019-03-19

How to Cite

Juliani, M. (2019). Kecerdasan Adversitas sebagai Salah Satu Faktor Penentu dalam Mengoptimalkan Pencapaian Target Kompetensi Asuhan Kebidanan. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17149

Issue

Section

Articles