Evaluasi Kinerja Lulusan Prodi D3 Kebidanan Undiksha Pada Fasilitas Rumah Sakit Pemerintah Se Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17150Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan mutu lulusan dengan melakukan evaluasi kinerja lulusan melalui penilaian kinerja oleh Atasan, Rekan kerja, Masyarakat penerima pelayanan dari lulusan dan juga pendapat dari lulusan sendiri. Penelitian ini bersifat “ Ex Post Facto” dengan pendekatan “one Shot”. Penelitian ini dilaksanakan pada fasilitas pemerintah yaitu Rumah Sakit dan Puskesmas dimana lulusan D3 kebidanan bertugas, yang melibatkan 472 responden dengan rincian; 100 responden dari atasan, 116 responden dari rekan kerja lulusan, masyarakat penerima pelayanan 140 responden, dan lulusan sendiri sebanyak 116 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu “total sampling” dengan melakukan penelusuran tempat-tempat lulusan bekerja. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) Penilaian kinerja menurut atasan lulusan adalah cukup sebanyak 43 %, baik 24 % kurang 22 %, sangat baik 8 % dan sangat kurang 3 %. (2) Penilaian kinerja menurut rekan kerja lulusan cukup 48,38 %, baik 23,27 %, kurang 17 %, sangat baik 7,75 % dan sangat kurang 3,4 %. Hasil dari penelitian ini dijadikan bahan untuk mengintrospeksi kebijakan yang sudah ada untuk melakukan perbaikan agar lebih baikReferences
Adi Utama. Pedoman Dasar Pelaksanaan Jaminan Mutu di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI. 2003
Andreas Lako. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi. Yogjakarta: Penerbit Amara Books. 2004.
Dirjen Binkesmas RI. Kompetensi Bidan Indonesia. Jakarta: Ikatan Bidan Indonesia. 2000
Dirjen Binkesmas. Pedoman Dasar Pelaksanaan Jaminan Mutu di Puskesmas . Jakarta: Depkes RI. 2003
Dirjen Binkesmas. Kebijakan dasar pusat kesehatan masyarakat. Jakarta : Depkes RI. 2004
Dirjen Dikti. Praktek Baik Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta Diknas RI. 2005
Farida Yusuf Tayibnapis. Evaluasi Program. Jakarta. PT.Rineka Cipta. 2000
Gaspersz. Metode Audisi untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2003
Istiyanto. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. 2007
Karting Kartono. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafida Persada. 2004
Koyan I Wayan. Buku Ajar Statistika Terapan. Singaraja : Program Pasca Sarjana Undiksha. 2007
Menkes RI. Panduan Bidan di Tingkat Desa. Jakarta. Depkes RI. 2004
Nana Syaodih Sukmadinata,dkk . Pengendalian Mutu Pendidikan. Bandung: Kusuma Karya. 2002
Nursalam. Konsep dan penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba medika. 2003
Patricia Buhler. Management skills in 24 Hours. Jakarta: Prenada Media. 2004
POGI. Buku Acuan Nasional Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: JNPKK-POGI. 2006
Pusdiknakes RI. Pedoman penjamin mutu pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta : Depkes RI. 2008
Riwidigdo Handoko. Statistik Kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendikia. 2008
Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. 2001
Sefrina, Yosi. 2016. Kinerja Lulusan Diploma Iii Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang Menurut Pengguna Lulusan. Jurnal Medika Saintika Vol 7 (1).
Sondang P. Siagian. Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. 2002
Suharsini Arikunto. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2004
Sudarwan Danim. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2006
Sumiatun. 2013. Analisis Mutu Pembelajaran Praktikum Kebidanan Sebagai Upaya Peningkatan Pencapaian Kompetensi Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Maharani Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1.
Supriyanto. S. Manajemen Mutu. Surabaya: Universitas Airlangga. 2007