Seleksi Pemilihan Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Universitas Terbuka dengan Metode TOPSIS

Authors

  • Gede Suwardika Prodi Statistika – Universitas Terbuka
  • I Ketut Putu Suniantara Sistem Informasi - STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17152

Abstract

Proses seleksi penerima beasiswa bidikmisi melibatkan banyak pertimbangan/syarat sebagai suatu kriteria. Oleh karena banyaknya kriteria yang digunakan hal ini menjadi permasalahan tersendiri, sehingga memerlukan penyelesaian, sebagai pendukung keputusan dengan multikriteria. Salah satu konsep dasar pendukung keputusan dengan multikriteria adalah metode TOPSIS, yang didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode TOPSIS pada penyeleksian penerima beasiswa bidikmisi yang dapat digunakan untuk membantu bagian kemahasiswaan dalam menentukan rekomendasi penerimaan beasiswa di Universitas Terbuka dengan mempertimbangkan berbagai kriteria yang telah ditentukan. Adapun kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu potensi akademik dan prestasi, kemampuan ekonomi, komitmen, urutan kualitas sekolah, representasi sekolah dan representasi asal daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TOPSIS dapat digunakan untuk membantu proses seleksi dan menentukan penerima beasiswa yang tepat. Perbedaan rangking yang terjadi disebabkan oleh nilai skor dari beberapa kriteria yang saling berdekatan.

References

Hwang, Ching-Lai, dan Kwangsun Yoon. 1981. Multiple Attribute Decision Making - Methods and Application. Verlag Berlin Heidelberg: Springer.

Kahraman, C. 2008. Multi-Criteria Decision Making Methods and Fuzzy Sets. Fuzzy Multi-Criteria Decision Making, Theory and applications with recent Development. Springer.

Mazumdar, A. (2009). Application of Multi-Criteria Decision Making (MCDM) Approached on Teachers' Performance Evaluation and Appraisal. National Institute Of Technology Rourkela 769008, India.

Tzeng, G., & Huang, J. (2011). Multiple Atribut Decision Making: Methods and applications. Florida: CRC Press.

Kabir, G., & Hasin, M. 2012. Comparative Analysis of TOPSIS and Fuzzy TOPSIS fir the Evaluation of Travel Website Service Quality. Quality Research. 6, 169 – 185.

Downloads

Published

2019-03-19

How to Cite

Suwardika, G., & Suniantara, I. K. P. (2019). Seleksi Pemilihan Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Universitas Terbuka dengan Metode TOPSIS. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(2), 65–70. https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17152

Issue

Section

Articles