Pengaruh Inovasi Kuliner Pada Jajanan Cacalan Terhadap Keputusan Pembelian di Kecamatan Sidemen

Authors

  • A.A Ketut Alit Pujawan Program Studi Manajeen Tata Boga, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17167

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh inovasi kuliner pada jajanan cacalan terhadap keputusan pembelian pembelian di Kecamatan Sidemen.  Metode analisis pada penelitian ini yang tepat adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh inovasi pada Jajanan Cacalan terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif untuk mencari hubungan antara dua variabel. Metode pengumpulan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling, dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil perhitungan dari 37.488 orang jumlah populasi, diambil secara 100 konsumen pembeli jajanan cacalan. Metode analisis pada penelitian ini yang tepat adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh inovasi pada Jajanan Cacalan terhadap keputusan pembelian konsumen, proses analisis statistik dikomputasi dengan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan inovasi kuliner pada jajanan cacalan  terhadap keputusan pembelian pembelian. Variabel inovasi kuliner berpengaruh 75,6% keputusan pembelian dengan persamaan garis regresi Y = 4,646 + 2,948X.  Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada para pedagang jajanan cacalan agar melakukan inovasi agar keputusan pembelian konsumen meningkat

References

Engel, James et al. 2006. Consumer Baehavior. Mason: Permission Department, Thomson Business & economic.

Freddy Frangkutti (2002) The Power of Brand, Teknik Mengelola Brand Equity dan Pengembangan Merk. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Hermana, Budi. (2008). Mendorong daya saing di Era Globalisasi dan Informasi: Pemanfaatan Model Intelektual dan Teknologi Informasi Sebagai Basis Inovasi di Perusahaan. Universitas Gunadarma.

https://www.longtripmania.org/2012/09/long-trip-di-kecamatan-sidemen.html https://issuu.com/epaper-kmb/docs/bpo_15112015/8

Lucas, B.A. dan Ferrel, O.C.T. (2000): The Effect of Market Orientation on Product Innovation, Journal of Academy of Marketing Science, 28 (2) 239-247.

Murajad Kuncoro. 2008. “Strategi Pengembangan Pasar Modern dan Tradisional”. Kadin Indonesia.

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategi 10. Salemba Empat . Jakarta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumaryani, Komang., Putu Agustini, dan Nanak Antarini. 2014. Identifikasi Rhodamin B pada Jajan Kembang Goyang dan Jajan Sirat di Desa Pekutatan Kabupaten Jembrana. Jurnal Ilmu Gizi, 5(1), 44-51

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Virgiawan, Virgo. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Ichi Sushi Gresik. (thesis dipublis online) Universitas Muhammadiyah Gresik: Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Gresik

Taan, H. 2017. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo di Kota Gorontalo. Jurnal bisnis dan kewirausahaan Vol. 6 No. 2: 148-158

Deo, M. and Hosee, N. 2017. Product Packaging Innovation and Consumer Buying Behavior in Rwanda. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 7, No. 6: 344-349

Seng, L.C. 2016. The Influence Of Product Innovation Toward Consumer Purchase Intention. International Journal of Economics. Commerce and Management United Kingdom Vol. IV, Issue 4: 773-782

Situmorang, R.Y., dan Wijaksana, T.I. 2014. Pengaruh Tingkat Penggunaan Inovasi Produk Terhadap Keputusan pembelian konsumen jnc cookies. Bandung: Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom.

Downloads

How to Cite

Alit Pujawan, A. K. (2019). Pengaruh Inovasi Kuliner Pada Jajanan Cacalan Terhadap Keputusan Pembelian di Kecamatan Sidemen. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i2.17167

Issue

Section

Articles