Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Keselamatan Berkendara untuk Remaja dengan Mekanik Dice Rolling

Peter Elianta, Jasson Prestiliano, T.Arie Setiawan

Abstract


Keselamatan adalah hal yang penting dalam berkendara tak terkecuali mengendarai kendaraan pribadi. Kurangnya pemahaman tentang keselamatan berkendara dapat menyebabkan banyak pelanggaran bahkan kecelakaan di jalan raya. Polda Metro Jaya mencatat, pengemudi yang melanggar lalu lintas dari tahun 2016-2017 mengalami tren peningkatan. Pelaku pelanggaran yang paling mendominasi adalah pengendara  motor berumur 17-30 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk  merancang board game “Mudik Yuk” sebagai media dalam mempelajari keselamatan berkendara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, strategi linear, dan pendekatan kombinasi. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, hasil penelitian , buku-buku, media berita online yang sudah ada tentang keselamatan berkendara dan pelanggarannya. Hasil dari penelitian ini adalah remaja menjadi lebih memahami tentang keselamatan berkendara setelah memainkan board game “Mudik Yuk”.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Raja Grafindo.

Avianto,Yovita dan T Arie Setiawan. 2018. ‘Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Boardgame’. Jurnal Aksara.30(1)133-148.

Belladino, Vicky. 2015. Mekanik 101: Dice Rolling, Lebih Dari Sekedar Melempar Dadu. http://boardgame.id/mekanik-101-dice-rolling-lebih-dari-sekedar-melempar-dadu/ (Diakses tanggal 14 Agustus 2017).

Destryawan, Dennis. 2018. Jumlah Pelanggar Lalu Lintas Tahun 2017 Meningkat 15,47 Persen. http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/03/01/jumlah-pelanggar-lalu-lintas-tahun-2017-meningkat-1547-persen. (Diakses tanggal 5 Agustus 2018).

Muryatma, Nova Mega. 2017. ‘Hubungan Antara Faktor Keselamatan Berkendara Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara’. Jurnal Promosi dan Pendidikan. 5(2),155-166.

Nugroho, E. 2013. Game Design Process. http://www.slideshare.net/kummara/gamedesign-process-2013-kummara (Diakses tanggal 14 Agustus 2017)

Saputro, D. A. 2016. Perancangan Media Edukasi Kandungan Berbahaya Junk Foodbagi Anak Sekolah Dasar denganMenggunakan Teknologi AugmentedReality Berbasis Android. Salatiga:Universitas Kristen Satya Wacana.

Setiawan, Deni, 2016. Pelanggar Lalu Lintas di Salatiga Didominasi Usia 21-25 Tahun. http://jateng.tribunnews.com/2016/11/30/pelanggar-lalu-lintas-di-salatiga-didominasi-usia-21-25-tahun. (Diakses tanggal 14 Agustus 2017).

Saksono, Jessica Laurentia dan Deny Tri Ardianto. 2013. Perancangan Board game untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis dan Menggambar Anak-Anak. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/625. (Diakses tanggal 10 Agustus 2017)

Shabrina , Ghaisa Manarina Nur. 2014. Penggunaan Media Board game Dalam Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Perancis Pada Siswa Kelas IX SMA Plus Pariwisata Bandung Tahnun Ajaran 2013/2014. http://repository.upi.edu/6113/. (Diakses tanggal 10 Agustus 2017)

Supriatna Cecep dan Sutono Sutono. 2016. Media Sosialisasi Rambu-Rambu Lalu Lintas dengan Metode Augmented Reality Berbasis Android. Cianjur. Universitas Suryakancana.

Tangidy, Alez dan T Arie Setiawan. 2016.’Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game untuk Mahasiswa’. Jurnal Kajian Kebudayaan. 11(2),16-25.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Pasal 1 ayat 31-33. www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_22.pdf. (Diakses tanggal 10 Agustus 2017)

Vaganza. 2015. 51 Mekanik yang Kerap Digunakan dalam Tabeltop Game. http://boardgame.id/51-gamemekanik-yang-kerap-digunakandalam-tabletop-game/




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v2i3.17186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Natural Science and Engineering indexed by:

 Crossref    




Creative Commons License

International Journal of Natural Science and Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.