Pengembangan Virtual Reality untuk Promosi Wisata Religi Pura Ponjok Batu

I Komang Yudi Purnawan, Dewa Gede Hendra Divayana, I Gede Partha Sindu

Abstract


Pura merupakan salah satu bangunan penting bagi umat Hindu Bali yang dikenal memiliki kehidupan religius yang tinggi. Salah satu Pura yang menjadi objek Wisata Religi yang terletak di Bali utara yaitu Pura Ponjok Batu.Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan petugas dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dan bapak Kadek Pasek salah satu petugas jaga di Pura Ponjok Batu mengatakan, Kurangnya Minat wisatawan untuk berkunjung ke Pura Ponjok Batu.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Virtual Reality sebagai media Promosi Wisata Religi Pura Ponjok Batu yang terletak di Kabupaten Buleleng. Langkah-langkah dalam mengembangkan Virtual Reality ini terdiri dari 3 langkah. Pertama mengambil Gambar asli Pura dengan menggunakan drone, camera. Langkah kedua yaitu pengembangan objek 3D Pura dengan menggunakan Blender. Langkah ketiga adalah pengembangan aplikasi dengan menggunakan Unity serta alat VR yang digunakan adalah Smartphone dan Carboard. Penelitian ini menggunakan metode SDLC Waterfall. Pengujian pada penelitian ini menggunakan 4 tahapan proses pengujian: (1) uji blackbox dengan 5 responden didapat hasil tidak terdapat kesalahan, (2) Uji ahli media dengan 2 responden dinyatakan sudah sesuai, (3) Uji ahli isi dengan 2 responden dinyatakan sudah sesuai, (4) Uji UEQ (User Experience Quistionnaire) di dapat persentase rata-rata dari 20 responden dengan hasil positif.


Full Text:

PDF

References


Google. (2016, December 7). Google VR SDK for Unity. Retrieved from Google VR: https://developers.google.com/vr/android/.

Larman, C. (2005). Applying UML and Paterns (3rd Edition). New York: Pearson Education International.

Maharlika. (2011). Jurnal Waca Cipta Ruang Vol.II No.II Tahun 2010/2011 ISSN 2301-6507, (Ii).

Mahayoni, Sendratari, &Arta. (2017). TEJAKULA , BULELENG , BALI SEBAGAI SUMBER.

Pressman, R. S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi I). (C. Harnaningrum, Penerj.) Yogyakarta: Andi.

Riyadi, F. S. (2017). Aplikasi 3d virtual reality sebagai media pengenalan kampus politeknik negeri indramayu berbasis mobile, 2(2), 75–82. Retrieved from

Widyaningrum, I., Banjarnahor, D., & Ginting, M. F. (2016). TOBA MUSEUM “Museum Berbasis Virtual Reality untuk Mempromosikan Kebudayaan Sumatera Utara.” TOBA MUSEUM “Museum Berbasis Virtual Reality Untuk Mempromosikan Kebudayaan Sumatera Utara,” 2(2), 733–740. Retrieved.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i1.22171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Natural Science and Engineering indexed by:

  Akreditasi SINTA 5 Crossref    




Creative Commons License

International Journal of Natural Science and Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.