Pengaruh Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) Berbantuan E-Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar TIK

Authors

  • Kadek Fuji Widhi Astrini Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali, Indonesia
  • Ketut Agustini Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali, Indonesia
  • Made Putrama Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan e-learning schoology terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Saraswati Seririt, (2) respon siswa terhadap model pembelajaran ARIAS berbantuan e-learning schoology terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Saraswati Seririt. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes objektif pilihan ganda dan metode angket atau kuisioner. Data hasil belajar dianalisis melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan e-learning schoology dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan e-learning schoology pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP Saraswati Seririt. Hasil analisis uji-t memperolej  thitung 4,7686 yang lebih besar dari ttabel 1,9977. Berdasarkan kriteria pengujian ini berarti H0 ditolak, (2) respon siswa dari penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan e-learning schoology pada mata pelajaran TIK adalah sangat positif dilihat dari rata-rata skor hasil angket respon siswa yaitu 83,89

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugihartini, N. (2016). Strategi Pembelajaran Pendekatan Inovatif Disertai dengan Aplikasi Pembelajaran Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Singaraja: Undiksha Press.

Purwaningsih, & dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan E-Learning Dengan Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Of Education .

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. (2001). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugihartini, N., & Agustini, K. (2017). Asesmen Otentik Sebagai Pendukung Desain Instruksional Jaringan Komputer Berstrategi Blended-Learning dengan Pendekatan Konstruktivistik. Journal of Education Action Research .

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Divayana, D. G. (2017). Buku Ajar Asesmen dan Evaluasi. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa, I. M. (2010). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbit Undiksha.

Turnip, B., & Khairani, Z. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SM II SMA Cerdas Murni T.P 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan , Vol.2 No1.

Sancoko, M., Aunillah, & Kurniawan, L. (2016). Studi Komparatif Strategi Belajar ARIAS dan Strategi Belajar VAK. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo , Vol.1 No.1.

Yuliana, D., & Jufri, F. A. (2019). Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Sumber Bunga. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi , Vol.1 No.1.

Ningsih, W. S., Suana, W., & Maharta, N. (2018). PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Konstan Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika , Vol 3 No 2.

Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial , Vol.11 No.2.

Downloads

How to Cite

Widhi Astrini, K. F., Agustini, K., & Putrama, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) Berbantuan E-Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar TIK. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 62–69. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22193

Issue

Section

Articles