Kreativitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Blended Learning Berbasis Bali

Authors

  • I Putu Oktap Indrawan Prodi D3 Manajemen Infromatika, Politeknik Ganesha guru Indonesia
  • Gede Arna Jude Saskara Prodi D3 Teknik Komputer, Politeknik Ganesha guru Indonesia
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Prodi S1 PGSD, IHDN Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22194

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi Blended Learning berbasis BALI; (2) kreativitas mahasiswa pada implementasi Blended Learning berbasis BALI; (3) motivasi belajar mahasiswa pada implementasi Blended Learning berbasis BALI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi Blended Learning berbasis BALI dilakukan melalui proses (a) persiapan tema, pembuatan kelas maya schoology, dan pembuatan form penilaian presentasi diskusi, (b) proses pembelajaran Blended Learning berbasis BALI; dan (c) penutup berupa penyimpulan dan evaluasi hasil pembelajaran; (2) implementasi Blended Learning berbasis BALI mampu mendorong kreativitas mahasiswa dengan adanya indicator-indikator deskriptif hasil pengamatan dalam proses pembelajaran; (3) implementasi Blended Learning berbasis BALI  mampu mendorong motivasi belajar mahasiswa  dengan teramatinya indikator sesuai dengan teori  Schwtzgebel dan Kalb.  Berdasarkan temuan hasil penelitian disarankan untuk peneliti selanjutnya mengggunakan subjek penelitian yang lebih banyak dengan metode yang berbeda misalnya eksperimen, penelitian tindakan, pengembangan ataupun metode campuran (mix method).

References

D. Damarjati, "Benarkah Minat Baca Orang Indonesia Serendah Ini?," 5 Januari 2019. [Online]. Available: https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini.

K. Kant, "Blended Learning: A Latest Trend in Higher Education," University News, vol. 52, no. 34, 2014.

O. Indrawan, "Transferable Skill Dan Pemahaman Konsep Pada Blended Learning Terintegrasi Tri Kaya Parisudha Pada Mata Kuliah Probstat," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), vol. 16, no. 1, pp. 1-10, 2019.

Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

H. B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Emzir, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

P. I. C. H. D. S. a. P. Kadek Cahya Dewi, "Study Of Instructional Model On Blended Learning Inpolytechnic," Cakrawala Pendidikan, pp. 270-280, 2018.

Ali & Anzori, Kreativitas, Kebudayaan dan Pengembangan Iptek, Bandung: PT Alfabeta, 2004.

S. B. Sjukur, "PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SMK," Jurnal Pendidikan Vokasi, pp. 368-378, 2012.

Sri Kantun & Raras Siswandini, "Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS-2 SMAN 5 Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016," Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 9, no. 2, pp. 141-152, 2015.

N. L. Luntungan, "Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran Fisika Kela A SMP Negeri 1 Mantingan Tahun 2012/2013," Jurnal Pendidikan FIsika, vol. 1, no. 1, p. 64, 2013.

Wahyudi Wahyudi, Indri Anugraheni, Adi Winanto, "Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Proyek Untuk Menunjang Kreatifitas Mahasiswa Merancang Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar," Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 68-81, 2018.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

A. Farihah Manggabarani, Sugiarti, Melati Masri, "Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo," Jurnal Chemica, vol. 17, no. 2, pp. 83-93, 2016.

Downloads

How to Cite

Indrawan, I. P. O., Jude Saskara, G. A., & Budi Wijaya, I. K. W. (2019). Kreativitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Blended Learning Berbasis Bali. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22194

Issue

Section

Articles