Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus : Pemasaran Produk Adi Upakara
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22225Abstract
Pelaksanaan upacara dalam Agama Hindu tidak lepas dari upakara/banten. Di Banjar Pondok Kelod, Desa Gadungan Kecamatan Selemadeg Timur terdapat kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang pembuatan banten. Usaha yang dijalani sejak tahun 2010 hanya menggunakan sistem pre order (membuat bila ada pesanan). Berdasarkan hasil wawancara permasalah yang di alami mitra adalah pemasaran produk masih sangat terbatas. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam bentuk, teknik pemasaran dengan sentuhan Digital Bisnis serta menyempurnakan pengetahuan mitra tentang pemanfaatan Teknologi Informasi yang digunakan untuk membantu UKM dalam memasarkan produk. Adapun kegiatan mulai dari pelatihan pengambilan gambar menggunakan smartphone sampai pada proses unggah ke dalam sosial media telah berjalan dengan baik dan menghasilkan luaran berupa Akun Sosial media (Facebook dan Instagram) serta memperkenalkan website telah berhasil dibuat dan dioperasikan untuk umkm.
Kata Kunci: Sosial Media, Digital Bisnis, PKM, Sistem Informasi
References
Damayana, I.W. 2011. Menyama Braya. Studi Perubahan Masyarakat Bali. Fakultas Teologi, Universitas Kristen Satya Wacana
Utari Dewi, Ida Ayu. 2007. Pemodelan Sistem Bebantenan ditinjau dari Jenis-jenis Banten dan Perlengkapannya. Skripsi Teknik Elektro UNUD,Bali.
Wijayanandha, Mpu Jaya. 2003. Tetandingan Lan Sorohan Bebanten. Denpasar: Paramita.