Analisis Penerapan Aplikasi KAI Mobile Presensi Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Di PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat

Authors

  • Asep Irawan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ahmaddul Hadi Jurusan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v5i1.31624

Keywords:

Technology Acceptance Model (TAM), Sistem Informasi, KAI Mobile Presensi

Abstract

Aplikasi yang kini digunakan dan dikembangkan oleh PT KAI (Persero) untuk mendukung kinerja perusahaan adalah KAI Mobile Presence yang bertujuan untuk mencatat keberadaan/kehadiran pekerja perusahaan yang ditugaskan di bagian lapangan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 81 responden dengan metode proporsional stratified random sampling. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan suatu sistem informasi dengan menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi kemudahan penggunaan (X1), persepsi kebermanfaatan (X2), sikap terhadap penggunaan (X3) dan minat perilaku penggunaan (X4) terhadap penggunaan sistem sesungguhnya (Y). Hasil analisis data menunjukkan hubungan antar variabel-variabel yaitu persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap persepsi kebermanfaatan dengan hasil persentase kontribusinya sebesar 11.69%, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap sikap terhadap penggunaan dengan hasil persentase kontribusinya sebesar 14.13%, persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap sikap terhadap penggunaan dengan hasil persentase kontribusinya sebesar 31.80%, persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan dengan hasil persentase kontribusinya sebesar 8.64%, sikap terhadap penggunaan berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan dengan hasil persentase kontribusinya sebesar 15.76%, dan minat perilaku penggunaan berpengaruh terhadap penggunaan sistem sesungguhnya dengan hasil persentase kontribusinya sebesar 16.48% dalam penerimaan Sistem Aplikasi KAI Mobile Presensi di PT KAI (Persero) Divre II Sumatera Barat. Dengan demikian persepsi kemudahan penggunaan,  persepsi kebermanfaatan, sikap terhadap penggunaan dan minat perilaku penggunaan berpengaruh signifikan.

References

Afriandi, S. (2017). Meningkatkan Produktivitas Kerja Di Perusahaan Jasa Survey. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(2), 9–15. https://jurnal. syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/ article/view/74/123.

Aisyah, S. (2019). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Saw Pada Perusahaan Leasing. Jurnal Teknovasi, 6(1), 1–16. https://www.ejurnal.plm.ac.id/index.php/ Teknovasi/article/view/303/0.

Anarjia, K., & Jones. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik Sakuku Pt. Bank Central Asia, Tbk Kcu Cikarang. Jurnal Sistem Informasi, 1(2), 1–8. https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/ JSI/article/view/392/282.

Andayani, S., & Ono, R. (2020). Analisis Kesiapan Penerimaan Pengguna Terhadap E-Learning Menggunakan Model TRAM. JuSiTik (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi), 3(2), 32–39. http://eprints.ukmc.ac.id/4293/ 4/Sri Andayani_Jusitik_Juli2020.pdf. DOI: https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i2.498

Aritonang, R. P., Sumarlin, & Kaban, R. (2019). Kajian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Berbasis Web dengan Metode Technology Acceptance Model(TAM). Jurnal TEKESNOS, 1(1), 40–47. https://journal. ibmasmi.ac.id/index.php/JSI/article/view/392/282.

Dalimunthe, N., Rianto, & Adawiyah, A. (2020). Analisa Penerimaan Pengguna Aplikasi Revenue Assurance Pembenahan Data Pelanggan (PDP) Menggunakan Metode TAM. Jurnal Ilmiah Rekayasadan Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 155–160. https://doi.org/ 10. 24014/rmsi.v6i2.9553.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra, 9(1), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/196942-ID-technology-acceptance-model-tam-untuk-me.pdf.

Haq, M. S. (2017). Pengembanagan Aplikasi Presensi Pegawai Berbasis Fingerprint. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 34. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p34-40. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p34-40

Hunaifi, N. (2018). Penerapan Metode Tam Terhadap Penerimaan Sistem Informasi Produksi Garment. Jurnal Informatika, 5(2), 221–227. https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3701. DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3701

Kharismaya, C., Dewi, L. S., Arisawati, E., & Handayanna, F. (2017). Analisa Kemanfaatan Dan Kemudahan Terhadap Penerimaan Sistem OPAC Menggunakan Metode TAM. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 1(1), 37. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v1i1. 27. DOI: https://doi.org/10.30645/j-sakti.v1i1.27

Kusumaningtyas, R. H., & Rahajeng, E. (2017). Persepsi Nasabah Akan Layanan ATM Dan E-Banking Dengan Metode TAM. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 89–102. https://doi.org/10. 1090/s0002-9939-02-06464-x.

Raharjo, N. D., Pinandito, A., & Pramono, D. (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Berbasis Mobile pada Nom-Nom Cafe Malang Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3290–3298. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/ article/view/2442/964.

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2019). Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2). http://e-journal.uajy.ac.id/15398/4/no.14 Analisis Penerimaan e-Learning.pdf. DOI: https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Ramadhani, H., & Monalisa, S. (2017). Analisis Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Raport Menggunakan Metode TAM. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 65–69. https://doi.org/ 10.24014/rmsi.v3i2.4303.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474. DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, Dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63. https://doi.org/10.21460/ jrak.2017.131.281. DOI: https://doi.org/10.21460/jrak.2017.131.281

Surahmat, S., & Tenggono, A. (2018). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Office Berbasis Open Source Pada SMKN Kota Palembang Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 98. https://doi.org/10.32736/ sisfokom.v7i2.569. DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.569

Widodo, A., & Putri, A. S. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Sikap Penggunaan Teknologi Pada Pengguna Instagram Di Indonesia (Studi Pada Followers Akun Kementerian Pariwisata @Indtravel). Journal of Secretary and Business Administration, 1(1), 18. https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.8

Zamroni, M. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Pendidikan, 10(2), 195–211. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jd. 2009.10205. DOI: https://doi.org/10.14421/jd

Downloads

Published

2021-04-02

How to Cite

Irawan, A., & Hadi, A. (2021). Analisis Penerapan Aplikasi KAI Mobile Presensi Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Di PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 14–24. https://doi.org/10.23887/ijnse.v5i1.31624

Issue

Section

Articles