ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID

Authors

  • Srikalimah Srikalimah Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10581

Keywords:

faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelian

Abstract

Handphone Android dengan perkembangan teknologi saat ini bukanlah menjadi suatu barang yang dianggap barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan dalam berkomunikasi. Untuk itu melalui penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku konsumen dalam hal ini kalangan mahasiswa akuntansi di Universitas Islam Kadiri Kediri dalam pengambilan keputusan pembelian handphone android. Dalam penelitian ini populasinya adalah mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri yang memiliki handphone android. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik non prabability sampling  sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner sedangkan skala yang digunakan adalah skala likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologi (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat kepercayaan 0,95%. Secara simultan (serentak) variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologi (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat kepercayaan 0,95%. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam hal ini mahasiswa akuntansi Uniska adalah variabel psikologi (X4) sebesar 69,5%.

References

Indah Sari, Ade, (2013), Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ponsel Blackberry pada mahasiwa STIE Harapan Medan, Jurnal e-maksi Harapan Vol.1 No.1 Februari 2013.

Kartajaya, Hermawan, 2005. MarkPlus on Strategy, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstron, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa David Octarevia, Jakarta : Bumi Aksara, 1996, hlm.7.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.

L.G. Schiffman and L.L. Kanuk. 2007. Consumer Behaviour. 9th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hal

Riduwan dan Akdon, (2007), Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Cetakan ke 2, Alfabeta, Bandung.

Santoso, Purbayu Budi dan Ashari,2005, Analisis Statistik dengna Microsoft Excel & SPSS , Yogyakarta, Penerbit ANDI

Solomon dan elnora. 2002. Strategi Pemasaran. Jakarta : Kelompok Gramedia

Sugiono,2006, statistik untuk penelitian, Bandung: CV. Alfabeta

Tengor, Gloria (2016), Pengaruh Merek, Desain dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian iPhone studi kasus pada mahasiswa STIE EBEN HAEZAR MANADO, Jurnal Berkala Ilmiah Efisisensi Vol. 16 No. 04 Tahun 2016

Vinna Sri Yuniarti, SE.,MM, 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, Cetakan pertama, CV. Pustaka Setia, Bandung

http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertian-ponsel-apa-itu-ponsel.html

http://pusatteknologi.com/android-adalah.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam

Downloads

Published

2017-07-18

How to Cite

Srikalimah, S. (2017). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID. International Journal of Social Science and Business, 1(2), 52–59. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10581

Issue

Section

Articles